Posted by: kualaclipping | November 25, 2009

Tim Mabes Polri Selidiki Kebakaran Kapal Pol Air di Idi; Sampel Bangkai Kapal Dibawa ke Labfor

Serambi Indonesia on 25 November 2009 – 09:35

IDI – Tim Mabes Polri yang terdiri dari personel Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) yang dipimpin AKBP Sodik, dan Tim Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Direktorat Pol Air Mabes Polri yang dipimpin AKBP Tambunan, Senin (23/11) dan Selasa (24/11) telah turun ke Kuala Idi, Aceh Timur.

Kedua tim tersebut melakukan penyelidikan terkait terbakarnya dua unit kapal patroli milik Pol Air Polda Aceh, Kamis (19/11) lalu, yang menyebabkan tiga personel luka bakar dan empat pucuk AK-47 plus amunisi ikut terpanggang. Tim membawa sampel kapal terbakar tersebut ke Laboratorium Forensik (Lapfor) Poldasu.

Dir Pol Air Polda Aceh, Kombes Pol Drs HM Zaini SH didampingi PAM Selat Malaka, Ipda Al-Mahdi SH kepada wartawan, Selasa (24/11) mengungkapkan, untuk keperluan penyelidikan tersebut tim ini juga membawa sampel bangkai kapal ke Laboratorium Forensik Poldasu di Medan. ”Sampel bangkainya saja yang dibawa untuk diteliti peyebab kebakaran. Kalau bangkainya masih di sini (kuala Idi),” katanya.

Saat ditanya kapan hasil lab itu akan diketahui secara pasti, pihaknya tidak bisa memberikan kepastian jadwal tersebut. “Biasanya lama, nanti kalau sudah ada kita akan ketahui hasil labnya. Tapi untuk sementara ini disebabkan karena kebakaran,” ujarnya. Ditegaskan, penelitian di lab merupakan prosedur resmi yang selama ini dijalankan pihak kepolisian untuk memastikan penyebab sesuatu kejadian, seperti halnya kebakaran yang menimpa dua unit kapal milik Pol Air Aceh. Sementara penelitian di lapangan dilakukan termasuk diamatinya bangkai kapal dan mencatat bagian seluruh kapal terkait kerugian yang dialami.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua kapal Polisi Air yang sedang sandar di Dermaga Kuala Idi, Aceh Timur, terbakar. Kebakaran yang diwarnai ledakan keras itu membuat suasana di sekitar dermaga pada Kamis (19/11) malam panik. Tiga personel polisi dilaporkan mengalami luka bakar. Musibah itu terjadi sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat kebakaran terjadi, di dalam kapal itu ada empat pucuk senjata AK-47 dan ratusan peluru. Akibatnya, ketika api berkobar, terdengar suara ledakan keras yang membuat warga di sekitar lokasi kejadian mengira ada kontak senjata. Bahkan, bersamaan dengan suara ledakan, serpihan kaca kapal beterbangan ke berbagai arah.

Kebakaran itu berawal saat tiga personel Pol Air Polda Aceh melakukan pengisian BBM untuk persiapan patroli keesokan harinya. Ketiga personel itu adalah Briptu Zulfikar, Bripda M Taufik, dan Bripda Umardhani. Usai pengisian bahan bakar, mesin kapal dihidupkan untuk pemanasan. Diduga terjadi konslet baterai hingga memunculkan percikan api.

Ketiga personel Pol Air yang berada dalam kapal meloncat ke luar dengan memecahkan kaca. Namun ketiganya sempat terbakar masing-masing pada bagian kaki, tangan, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Secepatnya ketiga korban dilarikan ke RS Langsa untuk penanganan medis setelah sempat mendapat penanganan awal di RSUD Idi.(is)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: