Posted by: kualaclipping | November 25, 2009

Rumpon Ikan Makin Banyak, Zaratex Mengaku Kesulitan

Serambi Indonesia on 25 November 2009 – 08:03

LHOKSEUMAWE – Perusahaan asal Belanda, Zaratex NV, yang saat ini sedang melakukan survei minyak dan gas bumi di wilayah Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Bireuen, mengaku kesulitan melakukan tugasnya. Karena rumpon (sarang) ikan nelayan makin bertambah. Data awal hanya ditemukan sekitar 274 rumpon, tapi kini mencapai ribuan.

“Hasil survei awal hanya ada sekitar 274 rumpon. Dari jumlah itu Zaratex siap mengganti rugi dengan harga di bawah Rp 30 juta per rumpon, tapi nyatanya harga melejit hingga di atas Rp 40 juta. Sekitar 261 rumpon sudah selesai dibayar dan sisanya akan dibayar usai lebaran,” ungkap Manager Affair, Zaratex NV, Roy Darminto.

dalam pertemuan dengan komisi B DPRK Aceh Utara, Selasa (24/11). Ia didampingi anggota manajemen lainnya, Mardi Gaharu, Eri Wahab, Adventinus, dan tim survey dari warga asing David Heckman, serta tim Gubernur Aceh, T Zulfikar dan Iskandar.

Mardi menambahkan jumlah rumpon membengkak menjadi 1.600 buah. “Kami benar-benar pusing, soalnya yang sudah kami laporkan sesuai hasil survei 274 rumpon, selebihnya kita tidak tahu mau membayar pakai apa, karena mencapai 1.600 rumpon. Kondisi ini memberatkan kami. Karena itulah kami menghadap Komisi B DPRK Aceh Utara untuk mencari solusi,” katanya.

Pihak manajemen Zaratex mengakui biaya survei migas di Aceh Rp 140 miliar. “Konsekuensinya, bila gagal menemukan minyak di Aceh, maka anggaran sebesar itu akan hangus. Karenanya, kita berharap survei ini membuahkan hasil dan bermanfaat bagi masyarakat Aceh,” tambah Eri.

Menanggapi permintaan Zaratex, tim Gubernur Aceh dan Komisi B akan melakukan pendekatan kembali kepada nelayan. “Kita upayakan agar investor jangan sampai hengkang dan nelayan juga jangan dirugikan. Karena itu, kita akan cari formula yang tepat. Zaratex NV harus melakukan survei sesuai data awal, sedangkan kita akan lakukan pendekatan persuasif dengan nelayan,” ujar Isa Ahmadi, anggota Komisi B DPRK Aceh Utara.(c46)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: