Posted by: kualaclipping | September 4, 2009

Polisi Amankan 2,5 Kubik Kayu Ilegal

www.serambinews.com on 4 September 2009, 08:28

TAPAKTUAN – Jajaran Polres Aceh Selatan berhasil mengamankan 2,5 kubi kayu jenis sematok di kawasan lereng Gunung Desa Jambo Papeun, Kecamatan Meukek, Kamis (3/9). Kayu yang diduga dari hasil penebangan liar ditangkap dalam operasi rutin pemberantasan illegal loging. Kapolres Aceh Selatan, AKBP Awi Setiyono SIK didampingi Kasat Reskrim Ipda Novi Edyanto, kepada Serambi, Kamis (3/9) membenarkan pihaknya telah mengamankan 2,5 kubik kayu jenis semantok hasil illegal loging. Penangkapan dilakukan dalam operasi rutin pemberantasan illegal loging yang dilakukan polisi. “Kayu itu kini sudah diamankan di Mapolres untuk penyelidikan selanjutnya,” katanya.

Kayu jenis semantok ditangkap di lereng Gunung Leuser atau di kawasan Desa Jambo Papeun, Meukek, Kamis (3/9) sekitar pukul 10.00 WIB, setelah menerima informasi dari warga. “Memang benar, dari kejauhan empat personil polisi yang dipimpin Tipiter Aiptu Andrianus melihat ada tumpukan kayu yang sudah diolah menjadi papan di kawasan hutan lindung itu,” ujar Kapolres.

Ia mengatakan, saat penyitaan, pemilik kayu tidak berada di tempat. Meskipun demikian polisi tetap akan melakukan penyelidikan dan pengembangan kemungkinan adanya pemodal pada penjarahan hutan lindung itu. Sebab di dalam pemberantasan illegal loging tidak ada tawar menawar, setiap yang melanggar pasti akan berhadapan dengan hukum.

Dia memperkirakan penebangan liar masih marak di kabupaten yang berjuluk penghasil pala terbesar di wilayah barat Indonesia ini terutama di daerah pedalaman. Hal ini dibuktikan dengan tertangkapnya sejumlah kayu dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengimbau masyarakat menghentikan perbuatan buruk dan berharap jangan dijadikan kebiasaan yang salah itu sebagai mata pencaharian, banyak cara lain untuk menghidupi keluarga. “Sudah banyak jiwa manusia dan harta benda yang menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor akibat perambahan hutan yang dilakukan oleh orang-orang yang hanya mencari keuntungan sendiri tanpa menghiraukan akibatnya,” katanya.(az)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: