Posted by: kualaclipping | September 4, 2009

Harga Ikan di Sigli Turun

www.serambinews.com on 4 September 2009, 08:55

SIGLI – Meski hasil tanggapan nelayan sangat menurun sejak satu bulan terakhir ini, namun, sejumlah pedagang ikan di Sigli, Pidie mengakui harga pasaran ikan selama satu pekan ini menurun drastis akibat dipengaruhi cuaca. Berdasarkan pengakuan Panglima Laot Lhok Kabupaten Pidie, H Ridwan kepada Serambi, Kamis (3/9), dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini, hanya Rabu (2/9) lalu hasil tangkapan menggembirakan. Tapi soal harga pasaran ikan di Sigli, Pidie masih cenderung menurun secara drastis. “Sekarang harga untuk jenis ikan tongkol per kilonya menacapai Rp 12.000. padahal, sebelumnya, Rp 15.000,” sebut Ridwan

Tak pelak lagi sejak bencana gempa dan tsunami tahun 2004 lalu, lanjut Ridwan, kondisi cuaca laut semakin parah saja. Buktinya, selama kami menjalani profesi sebagai nelayan selama puluhan tahun lalu, belum pernah ada kejadian hasil tangkapan nelayan anjlok,” katanya. Kuat dugaan, lanjutnya, sejak gempa dan tsunami tahun 2004 lalu, paling tidak telah berpengaruh pada tata letak lempeng kulit dasar laut, sehingga dengan sendirinya kumpulan rombongan ikan berpindah pada tempat lain. “Keluhan ini tidak hanya di kabupaten kita saja, tetapi telah menjalar ke Kabupaten Bireuen, Lhokseumawe, Kuala Simpang hingga Langsa, dan Idi Aceh Timur,” jelasnya.

Padahal jika dikaji, tambah Ridwan, pada lazimnya pada bulan ini merupakan musim barat yang berdampak pada banyaknya hasil tangkapan nelayan. Malah justru pada musim ini hasilnya semakin tak jelas. “Begitu kami lepas jala ikan, gelombang arus bawah laut sangat besar sehingga berdampak pada pergeseran posisi boat sehingga hasil tangkapan pun jauh dari harapan,” paparnya. Biasanya, tambah Ridwan, jika ikan lebih sedikit dipasaran, maka harganya akan melabung tinggi, “Tapi, ini benar-benar aneh sudah ikan sedikit harganya pun menurun, sejatinya naik dari harga bisanya,” katanya.(c43)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: