Posted by: kualaclipping | September 4, 2009

DPRA Setujui Ketua BPKS Dinonaktifkan; BPK Temukan 13 Kasus dan Inspektorat 22 Kasus

www.serambinews.com on 4 September 2009, 14:29

BANDA ACEH – DPRA akhirnya menyetujui usulan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk menonaktifkan T Saiful Achmad dari Kepala BPKS, dan Abdul Halim dari Sekretaris BPKS. Usulan ini diduga terkait hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK dan Inpektorat Aceh terhadap kinerja dan pengelolaan dana APBN dan APBD yang dilaksanakan BPKS dalam dua tahun terakhir, ditemukan banyak penyimpangan administrasi dan dugaan penyelewengan keuangan negara.

Ketua DPRA Sayed Fuad Zakaria yang dikonfirmasi Serambi, Kamis (3/9) membenarkan, bahwa dirinya telah menendatangani surat pertimbangan usulan evaluasi manajemen dan usulan penonaktifan Kepala dan Sekretaris BPKS yang diajukan gubernur kepada DPRA, 10 Agustus 2009 lalu. “Persetujuan yang kita berikan, kita dasarkan pada telahaan surat Gubernur Aceh itu. Bahkan dalam surat tersebut Gubernur menunjuk Ir Nasruddin Daud MSc sebagai pelaksana tugas Kepala BPKS,” katanya.

Sumber Serambi di BPK mengungkapkan, hasil audit penggunaan dana tahun 2006 dan 2007 yang bersumber dari dana APBN yang dilakukan BPK tahun lalu, ditemukan 13 kasus. Dari 13 temuan tersebut, sampai kini masih banyak yang belum ditindaklajuti BPKS. Di antaranya, Amdal pembangunan pelabuhan Internasional Hub Teluk Sabang belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kegiatan reklamasi di Kawasan Industri Terpadu Balohan belum sesuai dengan Amdal, serta kewajiban pemantauan dan pengelolaan lingkungan tidak dilaksanakan sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan.

Selain itu, BPK juga menemukan kekurangan pelaksanaan pekerjaan konsultasi tahun 2007 berpotensi merugikan keuangan negara Rp 272,4 juta dan denda maksimal belum ditarik sebesar Rp 345,1 juta. Totalnya Rp 617,5 juta. Dari jumlah itu, yang baru dikembalikan Rp 157 juta dan masih tersisa Rp 460 juta. Kekurangan pekerjaan dalam kegiatan reklamasi pelabuhan industri terpadu Rp 264 juta. Bangunan kantor dan rumah dinas pimpinan BPKS Rp 8,8 miliar belum dimanfaatkan.

Tanah hasil pemotongan bukit pada pekerjaan pembangunan jalan induk dalam kawasan industri tidak dimanfaatkan Rp 2,8 miliar. Pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas yang tidak jelas senilai Rp 409 juta. Untuk masalah ini telah ditindaklanjuti dan tinggal 21,7 juta lagi yang belum ada pertanggungjawabannya. Dermaga bongkar senilai Rp 8 miliar lebih yang telah dibangun belum dimanfaatkan, dan berbagai temuan lainnya.

Sedangkan sumber Serambi di Inpektorat Aceh mengatakan, dari hasil pemeriksaan Inpektorat terhadap kinerja dan pengelolaan keuangan yang pernah diterima BPKS, ditemukan 22 temuan. Hasil laporan ini telah disampaikan kembali kepada Kepala BPKS untuk ditindaklanjuti, tanggal 20 Agustus 2009 lalu. Temuan Inpektorat tersebut, diantaranya banyak tanah yang telah dibeli belum disertifikatkan atas nama BPKS. Sebagian masih atas nama penjual tanah, dan ini sangat rawan penyelewengan kepemilikan tanh yang telah dibeli oleh oknum yang berniat jahat.

Selain itu, ada pengadaan mobiler senilai Rp 937 juta, senilai Rp 109 juta, barangnya belum diserah terimakan kepada BPKS. Kemudian, ada pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan tidak sesuai kontrak, sehingga berpeluang merugikan keuangan negara senilai Rp 1,5 miliar. Inpektorat menyarankan, pejabat pembuat komitmen (PPK) dan bendahara pengeluaran memerintahkan rekanan untuk mengerjakan kembali atau menyetor dana kekurangan pekerjaannya ke kas daerah Rp 1,5 miliar. Seorang pejabat administrasi BPKS, Iqbal yang dikonfirmasi Serambi mengenai berbagai temuan BPK dan Inspektorat Aceh mengatakan, dirinya tidak berhak memberikan penjelasan mengenai hasil temuan BPK dan Inspektorat Aceh. Untuk menjawab masalah itu, tunggu saja Kepala BPKS, T Saiful Achmad pulang dari Jakarta, Selasa pekan depan.(her)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: