Posted by: kualaclipping | September 3, 2009

Calang-Lamno Masih Gunakan Rakit

www.serambinews.com on 3 September 2009 08:11

CALANG – Hubungan transportasi darat dari Calang ke Lamno, Aceh Jaya hingga kini masih menggunakan rakit penyeberangan di Lambeso Kecamatan Jaya. Padahal, jembatan Lambeuso di Kecamatan Jaya yang sebelumnya direncanakan rampung tidak kunjung terwujud. Informasi yang diperoleh Serambi, jembatan Lambeso sudah hampir setahun ditelantarkan dan belum jelas kapan akan dilanjutkan. “Masyarakat sangat berharap jembatan telantar itu dirampungkan bisa membebaskan dari rakit penyeberangan,” ujar Ketua sementara DPRK Aceh Jaya, Tgk Hasan Ahmad kepada Serambi, Rabu (2/9).

Ia menyambut, Pemerintah Aceh telah menguntilmatum USAID, selaku pendonor bantuan jalan Banda Aceh-Calang dengan harapan pembangunan jembatan dilanjutkan sehingga tidak timbul kesan miring. Ia berharap, koordinasi Pemerintah Aceh dengan USAID harus lebih cepat dan tidak berlarut, sehingga biar ada kepastian terhadap kelanjutan pengerjaan jembatan tersebut.

Dikatakan, Pemerintah Aceh juga telah berjanji bila tidak ada kepastian dari USAID maka akan dilanjutkan oleh Pemerintah Aceh sehingga persoalan jembatan ini tidak berlarut-larut. Ia menyebutkan telantarnya jembatan yang dibangun dalam paket jalan Banda Aceh-Calang itu juga akan membuat nama baik USAID menjadi jelek. “USAID perlu mempertegas terhadap masalah jembatan itu,” ujarnya.

Ketua DPRK Aceh Jaya itu juga mengatakan di Aceh Jaya dan pantai barat ini sangat menantikan kelanjutan pembangunan fisik jembatan itu sehingga dapat segera membebaskan dari rakit penyeberangan yang sudah sekitar lima tahun digunakan sebagai jalan alternatif ke pantai barat-selatan Aceh karena jalan lama hancur dihantam musibah tsunami.

Diakuinya, selama menggunakan rakit penyeberangan pengguna jalan sangat mengeluh, sebab mobil yang bisa diangkut dengan rakit sangat terbatas sehingga harus antrean hingga berjam-jam. “Sangat dicemaskan saat debit air meninggi sehingga rawan rakit tenggelam,” demikian Tgk Hasan Ahmad, kader dari Partai Aceh.(riz)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: