Posted by: kualaclipping | September 2, 2009

Dianggap Berbahaya; Ular Phyton Alue Nibong Dibunuh

www.serambinews.com on 2 September 2009, 08:40

IDI – Seekor ular phyton (uleu lhan, bahasa Aceh) raksasa yang panjangnya sekitar enam meter lebih yang ditemukan warga dikawasan Dusun Mbot-Mbot, Desa Alue Nibong, Kecamatan Peureulak Kota Aceh Timur, lima hari lalu, Senin (31/8) kemarin dibunuh oleh warga menggunakan kayu dan serta alat lain seadanya, karena hewan itu dinilai sudah membahayakan masyarakat.

Bustami, salah seorang warga Alue Nibong, kepada Serambi, Selasa (1/9) menyebukan, setelah sempat dipelihara dengan diberi makan seekor ayam sehari serta menjadi tontonan masyarakat selama beberapa hari, kini binatang melata itu terpaksa dibunuh untuk menghindari jatuhnya korban. Pasalnya, dalam dua hari teraakhir binatang itu tampak mulai buas dan beringas.

Menurutnya, sejak ditangkap dan menjadi tontonan, masyarakat desa setempat selalu memberi makan kepada ular itu berupa ayam. Ayam-ayam ini ada yang diperoleh secara dibeli, ada pula dari sumbangan masyarakat yang ingin melihat binatang melata itu. “Kemungkinan, setelah beberapa hari kita memberinya makanana berupa ayam segar, kekuatan binatang melata itu kembali bangkit seperti semula yang akhirnya kami menilai dapat membahayakan masyarakat. Hal itu terlihat dari seringnya mulut sang ular yang seolah-olah selalu ingin memangsa,” ujarnya.

Selain itu, di kalangan masyarakat setempat juga tidak ada yang mengerti cara memelihara hewan itu. Apalagi, hewan itu butuh sangkar yang lumayan besar. “Di desa kami tidak ada pawang ular. Selain itu juga tidak ada petugas suaka alam (kebun binatang) yang datang atau meminta agar ular itu dapat dibawa dan diselamatkan serta tidak berbahaya bagi masyarakat,” tambahnya lagi. Akibat kondisi itu, pada Senin (31/8) warga terpaksa membunuh ular itu menggunakan kayu serta sejumlah alat lain seadanya dan bangkainya lalu di buang ke sungai. “Setelah kami bunuh, bangkai ular phyton itu lalu kami buang ke sungai,” demikian Bustami.(na)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: