Posted by: kualaclipping | September 1, 2009

Waduk Lhok Kuaci Butuh Pengerukan

www.serambinews.com on 1 September 2009, 08:17

LHOKSEUMAWE – Sebuah waduk di Desa Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, kini tak maksimal lagi untuk mengairi air ke ratusan hektare ladang dan sawah milik warga di kawasan itu. Pasalnya, waduk dengan luas satu hektare lebih itu sudah dangkal dan pintu pengatur keluar airnya juga sudah rusak sekitar setahun lalu.

Ikhsan, warga setempat, Minggu (30/8) sore, menjelaskan, waduk yang merupakan peninggalan masa penjajahan itu rutin digunakan untuk mengairi air ke ladang warga. Tapi selama konflik melanda Aceh, tak ada perawatan sama sekali karena warga enggan berladang atau turun ke sawah. Namun pasca MoU, Pemko Lhokseumawe sempat membuat pintu pengaturan air untuk memaksimalkan hasil tanaman warga.

Tapi, pintu air tersebut ternyata tidak bertahan lama. Sekitar satu tahun lalu, telah rusak kembali. Sehingga sekarang, banyak warga mengeluh karena tanaman palawija mereka sering tergenang air apalagi sedang hujan. Karena air dari waduk juga mengalir deras ke ladang-ladang mereka tanpa bisa ditutup. Begitu juga saat musim kemarau, karena sudah dangkal, maka kedalamannya kini rata-rata hanya 50 cm hingga dua meter.

Karena itu, kata Ikhsan, petani di kawasan tersebut mengharapkan perhatian pemerintah setempat, untuk memaksimalkan fungsi waduk tersebut. “Bila waduk itu dibersihkan dan dikeruk kembali, warga akan memanfaatkannya untuk memelihara ikan. Hal ini tentunya akan bisa membangkitkan perekonomian warga Cot Girek juga,” kata Ikhsan.(bah)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: