Posted by: kualaclipping | July 18, 2009

SHS Survei Makam Siti Rubiah

www.serambinews.com on 18 July 2009, 10:46

SABANG – Sabang Heritage Society (SHS) sebuah lembaga pemerhati terhadap peninggalan benda bersejarah di Sabang akan mensurvey keberadaan makam Siti Rubiah di Pulau Rubiah Sabang. Sebab, selama ini makam yang punya nilai sejarah itu kurang rawatan. Direktur SHS, Albina Arahman, kepada Serambi siang kemarin mengemukakan, survey awal yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk mengetahui lebih rinci kondisi makam dan jejak-jejak peninggalan sejarah lainnya di sekitar pulau itu yang kini menjadi obyek wisata bawah laut itu.

“Sampai sekarang kondisi makamnya terabaikan. Di situ banyak benda-benda peninggalannya seperti sumur, dan bekas rumahnya Siti Rubiah,”kata Albina. Dan yang tak kalah pentingnya, di Pulau Rubiah juga terdapat bekas bangunan karantina haji. Di lokasi inilah dulunya jemaah haji Aceh dikarantina sebelum diberangkatkan dengan kapal ke tanah suci. Karantina haji itu sendiri kata Albina kondisinya pun sudah kehilangan nilai historis.

Dua situs bersejarah itu hingga kini menurut Albina belum mendapatkan perhatian. Padahal nama Rubiah sudah cukup mendunia lewat kekayaan wisata bawah airnya (marine park), tentunya akan lebih memperkaya jika keberadaan kedua situs itu diangkat sebagai icon wisata sejarah di Pulau Rubiah. “Ini akan melengkapi status Rubiah sebagai wisata bawah laut,”tambahnya.(fs)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: