Posted by: kualaclipping | July 18, 2009

Pembangunan Dermaga Bagok Asal Jadi; Jalan tak Ada, Besi Cor Mencuat ke Permukaan

www.serambinews.com on 18 July 2009, 09:38

IDI – Pembangunan dermaga untuk nelayan di Kuala Bagok yang terletak di Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurusalam, Aceh Timur dikerjakan asal jadi. Kondisi itu jelas terlihat dengan tidak adanya jalan dan besi cor lantai bermunculan ke permukaan. Bahkan, kalangan nelayan di sana juga mengeluhkan dermaga yang dibangun rekanan tersebut.

Panglima Laot Lhok Bagok, M Aji Puteh kepada Serambi, Jumat (17/7) menyebutkan, selama ini pihaknya sering dipertanyakan oleh masyarakat nelayan terkait kesinambungan dermaga tersebut yang tidak mempunyai jalan menuju dermaga baik untuk naik dan turun dermaga. Sementara besi cor lantai mencuat ke permukaan lantai.

Menurutnya, setelah selesai dikerjakan sekitar bulan Januari 2009 lalu, proyek dermaga itu sampai hari ini belum ada serah terima kepada para nelayan melalui panglima laot setempat. Dikatakan, selama ini tidak ada satu pun nelayan yang menyandarkan boatnya di dermaga tersebut, untuk melakukan pembongkaran ikan. Malahan mereka masih menggunakan tangkahan yang disediakan oleh para tauke di daerah itu. “Nelayan merasa malas menggunakan dermaga, karena untuk tangga naik ke dermaga tersebut tidak ditimbun sama sekali,” sebut M Aji alias Apa Cut.

Ia berharap pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur untuk dapat segera meninjau dan menyerahkan pembangunan dermaga, jika memang disebutkan telah rampung 100 persen kepada nelayan agar dapat dipergunakan, supaya bangunan yang telah ada itu tidak mubazir. Sementara itu, mantan Kepala Dinas Perikan dan Keluatan Aceh Timur, Zulfakri yang dikonfirmasi terkait permasalah tersebut mengakui bahwa proyek dermaga telah diserahterimakan kepada dinas ketika dirinya menjabat, namun kondisi bangunan masih belum sempurna dan masih dalam jaminan perawatan rekanan.

“Tapi bangunannya memang belum sempurna, ini sudah kita minta rekanan untuk merampungkan,” katanya ringkas. Ia tidak bersedia menyebutkan nama perusahaan rekanan pembangun dermaga itu. Menurut dia, sumber dana pembangunan dermaga dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2008.(is)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: