Posted by: kualaclipping | July 17, 2009

Presiden SBY Akan Buka PKA V di Aceh; Berlangsung 2-11 Agustus dan Dihadiri Sejumlah Negara

www.serambinews.com on 18 July 2009, 17 July 2009, 14:38

BANDA ACEH – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastkan akan membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) V, yang dijadwalkan berlangsung pada 2-11 Agustus mendatang di Banda Aceh. Even budaya Aceh terbesar ini, menurut rencana, juga akan dihadiri oleh sejumlah negara sahabat. Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Aceh Mirzan Fuadi dan pihak event organizer (EO), dalam jumpa pers di Gedung Serbaguna, antor Gubernur Aceh, di Banda Aceh, Kamis (16/7) sore kemarin.

Menurut Wagub Muhammad Nazar, even budaya lima tahunan itu akan berlangsung selama satu pekan (2-11 Agustus 2009) di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh dan akan dibuka langsung oleh Presiden SBY. “Walaupun dananya lebih minim dibandingkan PKA IV 2004 lalu, namun persiapannya kini sudah mencapai 90 persen,” katanya.

Dijelaskan, PKA V tahun ini hanya dianggarkan dana sebesar Rp 4,5 milyar, jauh lebih kecil dibandingkan dengan PKA IV 2004 lalu yang menghabiskan dana Rp 10 miliar. “Meskipun dananya lebih kecil, kita harapkan PKA V lebih berisi, karena kegiatannya lebih banyak dan bervariasi. Jadi, kegiatan ini tidak hanya terlihat mewah di luar, tetapi juga berisi,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Wagub Muhammad Nazar mengatakan, lima negara yaitu Malaysia, China, Jerman, Austria dan Provinsi Jeju Korea Selatan dipastikan ikut dalam (PKA) V di Banda Aceh, 2-11 Agustus mendatang. “Kita mengundang sejumlah negara, namun hanya lima negara yang sudah memastikan akan hadir, sedangkan lainnya sedang kita tunggu konfirmasinya,” ujarnya.

Selain lima negara itu yang dipastikan ikut, empat negara lainnya yaitu Perancis, Italia, Potugal dan Turki, tambah Wagub Muhammad Nazar, masih dikonfirmasi keikutsertaannya. Panitia telah menyebar 3.000 brosur dan 2.000 undangan melalui internet, di samping sebanyak 2.000 undangan untuk acara pembukaan PKA V.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NAD Mirzan Fuady mengatakan mereka yang diundang dalam acara pembukaan PKA V nanti termasuk semua menteri, gubernur seluruh Indonesia, dan para duta besar sejumlah negara sahabat. Selain negara-negara sahabat, beberapa provinsi akan ikut ambil bagian dalam Aceh International Expo (AIE) seperti Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota Medan (Sumut), Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara (Kaltim), dan Pemerintah Kabupaten Garut (Jabar).(mir)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: