Posted by: kualaclipping | July 11, 2009

Pemkab Aceh Barat Bangun Pelabuhan

www.serambinews.com on 11 July 2009, 09:01

MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat awal tahun 2010 akan membangun pelabuhan penyeberangan di Desa Teungoh, Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, kabupaten setempat. Pembangunan sarana penyeberangan dikabarnya menghabiskan dana Rp 33 miliar yang bersumber dari dana APBN pusat.

Kadis Perhubungan Kabupaten Aceh Barat, Drs Said Rasul kepada Serambi, Jumat (10/7), untuk membangun pelabuhan penyeberangan tersebut Pemkab setempat telah membebaskan tanah seluas satu hectare guna membangun sejumlah sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Mengingat hingga kini kebutuhan untuk pelabuhan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat untuk memiliki pelabuhan penyeberangan, karena pelabuhan yang sebelumnya dimiliki telah luluh lantak akibat terjangan tsunami.

Menurut Said Rasul, pembangunan pelabuhan penyeberangan nantinya akan dimulai pada tahun 2010 mendatang, karena sampai saat ini proyeknya belum dilakukan tender sama sekali. Ia mengakui kalau pembangunan itu apakah akan dilakukan dalam satu tahap sekaligus atau mencakup beberapa tahap, mengingat saat ini hal itu masih menjadi pembahasan ditingkat provinsi.

Semua dokmuen yang dibutuhkan untuk pembangunan pelabuhan penyeberangan dimaksud, semuanya telah disiapkan dan hanya tinggal menunggu pembangunannya saja. Apalagi kapal roro yang akan digunakan pada pelabuhan itu nantinya akan tiba di Aceh Barat pada akhir tahun 2010 mendatang, mengingat saat ini kapal bantuan pihak BRR NAD-Nias itu masih dalam tahap pengerjaan dan telah dilakukan desain di pulau Jawa.

Sedangkan pelabuhan jetti yang telah tuntas dibangun oleh negara Singapura beberapa tahun lalu, tukas Said Rasul, akan dijadikan sebagai pelabuhan barang yang akan melayani pendistribusian barang, CPO, serta berbagai kebutuhan lainnya. Namun sejauh ini, pihaknya mengakui kalau penggunaan pelabuhan dimaksud belum begitu maksimal karena masih banyak sarana dan prasarana yang belum dilakukan pembangunan. “Pengelolaan ini nantinya ditangani Dinas Perhubungan dan pihak PT Pelayaran Indonesia (Pelindo),” ujarnya.(edi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: