Posted by: kualaclipping | July 10, 2009

Pabrik CPO Jadi “Sarang Hantu”

www.serambinews.com on 10 July 2009, 10:17

MEULABOH-Pabrik CPO/pengolah sawit di Beureugang Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat yang sudah rampung dibangun beberapa tahun lalu, hingga kini belum juga difungsikan. Akibatnya pabrik yang dibangun dengan dana APBD hingga miliaran rupiah itu jadi bangunan tua dan belum bermanfaat bagi daerah.

Menurut amatan, Kamis (9/7), bangunan pabrik CPO itu berlokasi satu kompleks dengan pabrik pengolah karet di Kawasan Industri Beureugang, Kecamatan Kaway XVI. Pabrik itu sebelumnya direncanakan sebagai pabrik mini pengolah sawit menjadi minyak dan kini bangunan itu sejak siap dibangun beberapa tahun lalu belum pernah difungsikan. Sehingga, setiap hari bangunan itu menjadi tempat bermain ternak kerbau.

Beberapa warga setempat sangat menyayangkan karena proyek yang menghabiskan uang rakya terbengkalai. “Selama proyek itu dibangun, belum pernah dioperasikan sehingga kini bangunan pabrik itu menjadi angker,” kata warga setempat. Anggota DPRK Aceh Barat, Saiful dimintai Serambi, kemarin terkait pabrik CPO itu mengakui bahwa pabrik itu tidak pernah dikelola dan menjadi bangunan tua. Dan ia mengakui beberapa tahun lalu, pabrik itu pernah dicoba operasi, sebab dalam bangunan itu sudah ada mesin pengolah, akan tetepi saat dicoba, bukan minyak keluar tetapi malah santan.

Menurut Saiful, Pemkab Aceh Barat perlu mengambil tindakan sehingga ada solusi terhadap bangunan yang sudah beberapa tahun ini tidak dioperasikan. Sebab yang membuat sedih semua pihak adalah mesin pengolah di dalam bangunan yang sekarang sudah jadi besi tua dan khabar beredar sudah mulai raib.(riz)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: