Posted by: kualaclipping | July 10, 2009

Ditahan Terlibat Illegal Logging; Zuhri Mengaku Hanya Manfaatkan Kayu Limbah

www.serambinews.com on 10 July 2009, 11:10

JEURAM – Zuhri, mantan anggota DPRK Nagan Raya, membantah dirinya terlibat pencurian enam kubik kayu (illegal logging) di sebuah kawasan di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, sebagaimana diekspose Serambi, Senin (6/7). Tapi yang dia akuinya hanyalah pernah memanfaatkan kayu limbah dari perusahaan-perusahaan yang sebelumnya melakukan penebangan pohon untuk membuka lahan perkebunan di sana.

Pernyataan tersebut dikirimkan Zuhri dalam bentuk faks ke Redaksi Serambi Indonesia di Banda Aceh, Kamis (9/7) siang dan dia nyatakan sebagai hak jawabnya sesuai regulasi UU Pers. Dalam surat klarifikasi satu halaman itu, Zuhri mengaku bahwa benar dirinya saat ini dalam status penahanan untuk kepentingan penyelidikan di Mapolres Nagan Raya. Tapi ia menyesalkan mengapa penjelasan Kapolres Nagan Raya dan sumber berita lainnya tentang penahanannya tidak dikonfirmasikan kepadanya.

Dalam surat klarifikasinya itu, Zuhri juga menyebut-nyebut perihal hak masyarakat adat dan hak ulayat. Dalam konteks kasus yang menimpa dirinya, kata Zuhri, kedua hal itu (hak masyarakat adat dan hak ulayat) tidak dijalankan sebagaimana mestinya oleh aparatur yang berwenang di Nagan Raya, sehingga masyarakat dan negara dirugikan miliaran rupiah.

Ia tambahkan, pelaksanaan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan atau aturan lainnya di Nagan Raya lebih bersifat politik dan ekonomis. Fakta di lapangan menunjukkan, perusahaan-perusahaan perkebunan justru memanfaatkan kayu dengan alasan sudah dibeli. “Padahal, ketentuannya tidak demikian.”

Sedangkan masyarakat sekitar yang memanfaatkan kayu limbah dari sisa buangan perusahan-perusahaan perkebunan itu, menurut Zuhri, justru ditangkap dan disebut illegal logging, sehingga harus dihadapkan kepada aparat penegak hukum dan digiring ke bui. Zuhri mengajak pejabat berwenang lebih memerhatikan kondisi masyarakat di sekitar lahan yang dibuka secara besar-besaran itu yang justru hidup dalam jerat kemiskinan dengan status prasejahtera. Mereka hanya dijadikan penonton dan objek sebagai buruh kebun. Padahal, menurutnya, tanah yang dirampas oleh perusahaan-perusahaan perkebunan itu adalah ladang dan hutan cadangan warisan leluhur warga setempat yang sudah turun-temurun. “Adakah hak kami selaku masyarakat di sekitar hutan dan lahan perkebunan?” ujarnya bertanya.

Zuhri bersama kelompok tani serta masyarakat di sekitar perusahaan perkebunan yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Hutan Rakyat (Ampera) mengaku telah dipersalahkan, karena memanfaatkan kayu limbah, sehingga ia ditahan. “Padahal, kami telah menempuh prosedur yang berlaku dan legal secara hukum,” klaim Zuhri yang mengaku kini menjabat Sekretaris Ampera.

Sebagaimana diberitakan Serambi terdahulu, Zuhri yang merupakan mantan anggota DPRK Nagan Raya ditahan polisi dua pekan lalu. Ia ditangkap, karena enam kubik kayu ilegal yang diangkut sopir bernama Azhar menggunakan truk, kabarnya milik Zuhri. Lagi pula, sopirnya sama sekali tak bisa menujukkan dokumen sah pengangkutan kayu trsebut, sehingga ia beserta barang bukti turut diamankan polisi.

Saat diperiksa polisi, Azhari mengaku kayu itu milik Zuhri, sehingga polisi yang tak mau kehilangan sasarannya langsung mendatangi rumah Zuhri. Setelah ditangkap, tersangka langsung dimintai keterangan, dan akhirnya ditahan. Kapolres Nagan Raya, AKBP Drs Ari Subijanto yang dikonfirmasi Serambii, Minggu (5/7) lalu membenarkan telah menahan Zuhri di tahanan mapolres setempat, karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus pencurian kayu (ilegall logging) di kawasan Desa Pulo Ie, Kecamatan Darul Makmur. Selain mengamankan barang bukti berupa enam kubik kayu ilegal beserta truk pengangkut, Azhari selaku sopir truk, juga ditahan polisi dan kini mendekam di tahanan mapolres setempat. (dik/edi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: