Posted by: kualaclipping | July 8, 2009

Nama Aceh Tengah Diusulkan Ganti; Jadi Kabupaten Tanah Gayo

www.serambinews.com on 8 July 2009, 14:46

TAKENGON – Nama Kabupaten Aceh Tengah direncanakan akan diganti menjadi Kabupaten Tanah Gayo. Pergantian nama yang diusulkan oleh DPRK Aceh Tengah itu selain dimaksudkan untuk menyelaraskan dengan sebutan “Tanah Gayo” yang sudah melekat puluhan tahun silam, juga agar lebih menambah kecintaan masyarakat terhadap daerahnya.

Ketua DPRK Aceh Tengah, Ir Syukur Kobath, saat dihubungi Serambi, Selasa (7/7), membenarkan adanya wacana pergantian nama Kabupaten Aceh Tengah, dengan nama lain yang disesuaikan dengan kondisi daerah. Pergantian nama kabupaten ini, menurut Syukur, mengandung spirit (semangat) untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap daerahnya.

“Orang sering keliru ketika mendengar nama Kabupaten Aceh Tengah, yang persepsinya daerah ini berada di kawasan pesisir. Padahal daerah kita berada di Dataran Tinggi Gayo, sehingga layak jika nama itu diganti menjadi Kabupaten Tanoh Gayo,” Ir kata Syukur Kobath . Menurut Syukur Kobath, berdasarkan keterangan sejumlah tokoh, dan merujuk kepada sejarah Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, dulunya dikenal dengan sebutan Tanah Gayo (Gayoland). Namun pemerintah kemudian menambalkan namanya menjadi Kabupaten Aceh Tengah.

Untuk itu, sebut Syukur Kobath, pergantian nama kabupaten ini tidak melenceng dari nilai-nilai sejarah Gayo sepanjang masyarakat setuju dan menyambut baik dengan adanya wacana ini. “Pergantian nama ini bukan hal yang aneh, sehingga dengan perubahan nama kabupaten dapat lebih menambah semangat masyarakat di daerah ini,” ujar Syukur Kobath. Disebutkan, sejauh ini, rencana perubahan nama Kabupaten Aceh Tengah, telah memasuki tahap sosialisasi kepada masyarakat. Sebagian besar warga menyambut baik rencana perubahan nama tersebut.

Terkait ALA
Saat ditanya apakah perubahan nama itu ada kaitannya dengan tuntutan pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA), Ir Syukur Kobath, mengakui perubahan nama itu erat kaitannya dengan rencana pemekaran Provinsi ALA. “Pergantian nama daerah bukan saja di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh saja sudah tiga kali berganti nama,” terang Ketua DPRK Aceh Tengah ini.

Perubahan nama ini, sudah diputuskan DPRK dan diteruskan ke Bupati Aceh Tengah, serta akan dikirim ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, untuk pengesahan secara undang-undang. Dikatakan Syukur Kobath, sejumlah nama baru telah dikantongi oleh DPRK setempat, untuk mengganti nama Kabupaten Aceh Tengah. “Kami telah menyarankan nama Kabupaten Aceh Tengah, dirubah menjadi Kabupaten Tanoh Gayo, berdasarkan sejarah daerah dataran tinggi Gayo ini,” pungkas Ir Syukur Kobath yang juga Rektor Universitas Gajah Putih Takengon itu.(c35/min)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: