Posted by: kualaclipping | July 8, 2009

Marak Aksi Pembakaran Lahan

www.serambinews.com on 8 July 2009, 14:26

SINGKIL – Aksi pembakaran lahan semakin marak di Aceh Singkil. Pantauan Serambi, Selasa (7/7) asap yang dihasilkan dari pembakaran di Kecamatan Singkil Utara dan Gunung Meriah sudah masuk ke pemukiman. Beberapa titik kebakaran dengan gumpalan asap tebal membumbung ke angkasa terlihat di lahan yang dipenuhi semak belukar dan tumbuhan sekitar dua samapai lima kilometer dari pinggir jalan. Akan tetapi tidak ada tanda-tanda dari pihak terkait untuk mencegah aksi pembakaran lahan tersebut. Padahal sudah hampir sebulan terus dilakukan oknum masyarakat tanpa berpikir akibatnya. Setelah selesai dibakar baru menyesal, melihat tanaman yang ada di dalamnya seperti sawit turut menjadi korban.

Anggota DPRK Aceh Singkil Putra Ariayanto, mengatakan pembakaran lahan oleh masyarakat sebenarnya bisa dimaklumi. Alasannya mereka tidak memiliki modal untuk membersihkan lahan dengan cara lain, namun dengan catatan tidak merusak tumbuhan bermanfaat yang sudah ada. “Jangankan untuk membersihakan lahan membeli bibit tanamanan saja mereka tidak punya uang,” katanya.

Menurut Putra, yang tidak boleh melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah para pemilik modal besar dan perusahan perkebunan. Menurutnya kalau sampai hal itu dilakukan maka, dewan wajib melakukan teguran keras dan akan meminta pihak terkait memperosesnya. Di sisi lain warga mengeluh akibat maraknya aksi pembukaan lahan dengan cara dibakar, sebab kadang kala tanaman mereka yang ada di dekat lokasi kebakaran acap menjadi korban ditambah asap dari hasil pembakaran membuat perih mata. Selain itu abu sisa pembakaran yang tertup angin mengotori rumah, sumur dan perabotan lainnya. Kebakaran yang terjadi di lahan gambut, membuat nyala api susah padam, hal inilah menjadi salah satu faktor makin meluasnya kebakaran lahan di Aceh Singkil.(c39)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: