Posted by: kualaclipping | July 8, 2009

Korban Abrasi Merasa Diabaikan

www.serambinews.com on 8 July 2009, 15:01

LHOKSEUMAWE – Sebanyak lima kepala keluarga (KK) atau 22 jiwa korban abrasi pantai di Desa Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, merasa diabaikan pemerintah setempat. Buktinya, sudah dua bulan lebih mereka menempati tenda darurat, tapi hanya sekali bantuan masa panik diterima saat awal mengungsi.

“Hanya itu yang kami terima, selebihnya belum ada bantuan apa pun. Sedangkan rumah kami hancur semua,” ujar Islan (43) yang rumahnya telah hancur diterjang abrasi pantai Ujong Blang, beberapa bulan lalu. Islan menjelaskan, saat terjadi abrasi dua bulan lalu, jumlah yang mengungsi di tenda 15 KK. Tapi seiring waktu, yang tinggal hanya lima KK. Sedangkan selebihnya ada yang sudah siap merehab rumahnya, dan ada pula yang tinggal di rumah familinya. Sedangkan nasib kelima KK harus bertahan di tenda berbeda, tiga KK sedang dalam proses rehab rumah.

Meraka kini mengaku belum berani menempati rumah kembali, karena pembangunan tanggul pemecah ombak belum sampai ke lokasi rumah mereka. Sedangkan dua lagi, yakni rumah milik Islan dan Dewi, kondisinya hancur total. Mereka mengaku memang tidak tahu tinggal di mana, selain tinggal di tenda.

Untuk yang sedang merehab rumah, diharapkan agar tanggul bisa dikerjakan lebih cepat. “Agar bulan Ramadhan ini kami tidak harus tinggal di tenda lagi,” ujar pengungsi lainya, Mursyina (42). Sedangkan menyinggung kendala selama tinggal di tenda, mereka hanya mengeluh tentang bantuan lanjutan, terutama bagi dua KK yang tidak ada rumah lagi. Selebihnya kondisi tenda yang tiap hujan pasti tergenang air, dan terserang nyamuk. Sedangkan pengungsi tanpa kelambu, sehingga dikhawatirkan rawan DBD, terutama pada balita.(bah)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: