Posted by: kualaclipping | July 7, 2009

Unsam Langsa Siap Dinegerikan

www.serambinews.com on 7 July 2009, 08:05

LANGSA — Kesiapan penegerian Universitas Samudera (Unsam) Langsa sudah mencapai 90 persen, dan kini hanya tinggal penyedian lahan dan sertifikat tanah. Hal itu disampaikan Dr Bambang Sarengat (Ketua Tim Penegerian Dikti Pusat) dan Drs Sudrajat (Biro Hukum Mendiknas) dalam tatap muka dengan mahasiswa dan unsur akademik Unsam, pekan lalu.

Penegasan Dikti itu disampaikan kembali oleh Rektor Unsam Langsa, Ir Bachtiar Harun MS menjawab Serambi, Senin (6/7) mengenai kelanjutan penegerian perguruan tinggi tersebut. “Mereka (tim) yang telah berkunjung untuk mengecek kesiapan kita mengatakan bahwa kesiapan penegerian sudah mencapai 90 persen, dan 10 persen lagi hanya terkait penyediaan tanah dan sertifikat. Pemko Langsa sudah meminta 50 hektar tanah ke PTPN I dan juga sudah disediakan dana untuk ganti rugi,” kata Ir Bachtiar.

Menurutnya, pihaknya juga sudah menanyakan sejauh mana proses surat dari PTPN I terkait pengalihan lahan dimaksud, namun pihak PTPN I Langsa menyebutkan, surat itu sedang dalam proses, termasuk meminta rekomendasi ke Menteri BUMN dan pemegang saham. “Kami sudah datangi Dirut SDM PTP, Siswadi, dan beliau mengiyakan surat pengalihan lahan PTPN I, kini sedang diproses. Kita berharap masalah ini harus cepat selesai,” katanya.

Berdasarkan pengakuan tim yang datang, tambah Bachtiar, meski kesiapan sudah 90 persen, tapai tidak tertutup kemungkinan persoalan 10 persen lagi akan menghambat proses penegerian yang sudah di ambang pintu itu. “Karenanya, kita sangat harapkan dukungan semua pihak untuk perguruan tinggi umum kebanggan masyarakat Aceh Timur, Langsa dan Tamiang ini,” timpal Bachtiar.
Sebagaimana diketahui sebelumya, staf Direktur Kelembagaan dan Biro Hukum Sekretaris Jenderal Departemen Nasional, yang merupakan utusan Menteri Pendidikan Nasional, Jumat (26/6), meninjau langsung kesiapan Universitas Samudra (Unsam) Langsa menyusul usulan penegerian yang telah diajukan kepada pemerintah pusat. Kunjungan itu dimaksudkan untuk melihat secara langsung berbagai persiapan yang telah disyaratkan untuk proses penegerian perguruan tinggi itu.(is)


Responses

  1. ya kita terus berdoa sebelum semester genap ini unsam sudah di negerikan….kita akan coba tunjukkan ke dunia luar bahwa langsa…layak disebut sebagai kota pendidikan juga…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: