Posted by: kualaclipping | July 6, 2009

Diduga Terlibat Illegal Logging; Mantan Anggota DPRK Nagan Ditangkap Polisi

www.serambinews.com on 6 July 2009, 10:02

JEURAM – Zuhri, mantan anggota DPRK Nagan Raya, sejak beberapa hari terakhir ditahan aparat kepolisian kabupaten setempat karena diduga terlibat kasus pencurian kayu (illegal logging) di sebuah kawasan di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya. Selain mengamankan barang bukti berupa enam kubik kayu ilegal beserta truk pengangkut, sopir truk yang bernama Azhari, ikut ditahan polisi dan kini mendekam di tahanan mapolres setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi sepanjang Minggu (5/7) kemarin dari sejumlah sumber terpercaya, Zuhri yang merupakan mantan anggota DPRK setempat sebetulnya sudah ditahan sepekan lalu. Ia ditangkap, karena kayu ilegal yang diangkut menggunakan truk tersebut kabarnya milik Zuhri. Lagi pula, sopirnya bernama Azhar, sama sekali tak bisa menujukkan dokumen dan surat-surat untuk pengangkutan kayu dimaksud, sehingga ia beserta barang bukti turut diamankan polisi.

Saat diperiksa polisi, Azhari mengaku kayu tersebut milik Zuhri yang merupakan mantan anggota DPRK setempat, sehingga polisi yang tak mau kehilangan sasarannya langsung mendatangi rumah Zuhri. Setelah ditangkap, tersangka langsung dimintai keterangan, dan akhirnya ditahan. Kapolres Nagan Raya, AKBP Drs Ari Subijanto yang dikonfirmasi Serambii, Minggu (5/7) kemarin, membenarkan telah menahan Zuhri di tahanan mapolres setempat, karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus pencurian kayu (ilegall logging) di kawasan Desa Pulo Ie, Kecamatan Darul Makmur. “Kasus ini masih terus kita dalami dan hampir P-21,” jelasnya.

Menurut Kapolres, Zuhri sudah ditahan sejak sepuluh hari lalu, karena yang bersangkutan merupakan pemilik kayu-kayu ilegal tersebut. “Kayu itu diambilnya di kawasan land clearing,” kata Kapolres Ari Subijanto seraya menambahkan bahwa polisi juga menahan sopir truk beserta truk dan barang bukti, berupa kayu ilegal sebanyak enam kubik.

Diduga, praktik pencurian kayu tersebut sudah berlangsung lama. Tapi dalam pemeriksaan yang dilakukan polisi, kata Kapolres Ari, Zuhri mengaku baru pertama kali berbuat hal itu. Polisi tidak begitu saja memercayai keterangan tersangka. Polisi menduga aksi kejahatan itu sudah beberapa kali dilakukan tersangka, tapi baru kali ini tertangkap.

Dalam kasus ini, kata Kapolres Ari Subijanto, Zuhri dan sopir truk tersebut bakal dijerat dengan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 41 tentang Kehutanan. “Dalam penanganan setiap kasus, kita tak pernah pandang bulu. Siapa pun yang terlibat dan melanggar hukum tetap kita tindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tukasnya. (edi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: