Posted by: kualaclipping | July 6, 2009

Bupati Akmal Ibrahim: Penyelesaian Tapal Batas Abdya-Gayo Lues Diserahkan Kepada Gubernur

www.serambinews.com on 6 July 2009, 14:52

BLANGPIDIE-Tapal batas Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan Kabupaten Gayo Lues diserahkan penyelesaiannya kepada Gubernur Aceh. Karena sesuai Peta TOP yang dibuat Bakortanas bahwa tapal batas tersebut sudah jelas berada pada titik kordinat BT (N) 03 derajat 57 menit 20, 03 detik dan LU (E) 96 derajat 51 menit 15,3 detik yaitu di km 29 dari Ie Mirah, Kecamatan Babahrot menuju Tongra, Kecamatan Terangon atau tepatnya pada kaki tanjangan Gunung Burnipis.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Akmal Ibrahim kepada Serambi ketika meninjau lokasi tapal batas Abdya-Gayo Lues, Sabtu (4/7). Peninjauan menelusuri lintas poros tengah sedang dalam proses pengerasan badan jalan dari Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot dilakukan bersama Kapolres AKBP Eddy Djunaedi SiK bersama Kabag Ops, AKBP Driharto dan Kasat Reskrim, AKP Warosidi SH, Wakil Bupati, Syamsurizal dan Sekda, HM Yunus.

Sejumlah pejabat terkait juga ikut dalam peninjauan tapal batas tersebut, Kadis Kehutanan dan Perkebunan, Ir Yurnismal, Plt Kadis Perhubungan, Supardi, Kadis Pertanian dan Peternakan, Zainuddin SP, Kadis Pekerjaan Umum diwakili Salman Al-Farisi, Kabag Pemerintahan, Indra Sukma dan Camat Babahrot, Agussalim bersama seluruh anggota Muspika.

Peninjauan tapal batas menempuh jalan dalam kondisi masih berlumpur dan licin, naik turun gunung dengan tanjangan tinggi dan curam dalam rangkaian Gunung Bukit Barisan. Meskipun menggunakan mobil dua gardan, namun beberapa kendaraan terjebak dalam lumpur ketika mendaki tanjakan tinggi dan licin, malah ada mobil yang mengalami bocor ban.

Peninjauan tersebut sehubungan peristiwa penghancuran tugu tapal batas Abdya-Gayo Lues yang dibangun Pemkab Abdya tahun 2005 lalu di Km 29 lintas Ie Mirah-Terangon. Padahal ketika dibangun waktu itu ikut disaksikan Kabag Pemerintahan Kabupaten Gayo Lues. Pencarian titik ordinat tapal batas dilakukan dengan mengunakan alat GPS. Setelah menempuh perjalan naik dan turun gunung, titik ordinat BT (N) 03 derajat 57 menit 20, 03 detik dan LU (E) 96 derajat 51 menit 15,3 detik ditemukan di Km 29 dari Desa Ie Mirah, Babahrot menuju Terangon atau pada kaki tanjakan Gunung Burnipis.

Bupati Akmal Ibrahim optimis masalah tapal batas dua kabupaten bertetangga tersebut dapat diselesaikan, karena titik ordinat tersebut sudah jelas berdasarkan Peta TOP yang dibuat Bakortanas. Dalam hal ini, penyelesaiannya diserahkan kepada Gubernur Pemerintahan Aceh. “Saya rasa masalah tapal batas tidak dapat “berkilafiyah” karena sudah jelas dan kita punya argumen kuat untuk itu,” kata Akmal ketika berada lintas yang masih dihiasi belantara Gunung Bukit Barisan yang berhawa sejuk.(nun)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: