Posted by: kualaclipping | June 28, 2009

Pantai Cermin Jadi Arena Kegiatan Seni dan Budaya

www.serambinews.com on 28 June 2009, 10:53

BANDA ACEH – Kawasan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, termasuk objek wisata Pantai Cermin yang cukup dikenal, kini mulai memancarkan lagi ‘aura’ kehidupan setelah hancur tak berbekas dihantam tsunami. Mulai tahun ini, Pantai Cermin menjadi arena kegiatan seni dan budaya dengan starting point-nya momentum HUT ke-63 Bhayangkara.

Kegiatan seni dan budaya di Pantai Cermin Ulee Lheue dikemas dalam kegiatan bertajuk; Peukan Kebudayaan Meuraxa (PKM), di mana untuk tahun ini pelaksanaannya dipadu dengan perayaan HUT ke-63 Bhayangkara. “Ini merupakan PKM I dalam rangka memeriahkan HUT ke-63 Bhayangkara, dan Insya Allah kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan di Meuraxa,” lapor Kapolsek Ulee Lheue, Iptu T Khairul Waddin selaku panitia pelaksana pada pembukaan PKM I, di Pantai Cermin Ulee Lheue, Sabtu (27/6).

PKM I berlangsung mulai 27 Juni hingga 5 Juli 2009. Kegiatan tujuh hari itu diisi dengan aneka kegiatan, seperti lomba memasak diikuti peserta dari jajaran Pemko Banda Aceh hingga kecamatan, lomba mewarnai untuk anak-anak dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, lomba memancing, festival rapa-i geleng se-Banda Aceh dan Aceh Besar, dalail khairat tingkat kecamatan di Banda Aceh dan Aceh Besar, fashion show (busana muslim tingkat anak-anak), pameran serta panggung seni dan hiburan rakyat.

Khairul juga melaporkan, tujuan kegiatan tersebut, selain untuk menyemarakkan HUT ke-63 Bhayangkara juga sebagai bentuk tanggungjawab melestarikan seni dan budaya bangsa, membina hubungan persaudaraan, dan sosialisasi pelestarian lingkungan khususnya kelautan agar semakin meningkat tanggungjawab menjaga lingkungan. Pembukaan PKM I dalam rangka HUT ke-63 Bhayangkara dilakukan Wakil Walikota Banda Aceh diwakili Kadis Pendidikan, Sofyan Sulaiman. Kegiatan itu dihadiri Kapoltabes Banda Aceh diwakili Wakapoltabes selaku pelindung kegiatan, unsur TNI dari Kodim 0101/AB, muspika se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Meski prosesi pembukaan diwarnai hujan, tetapi seremonial tersebut berlangsung sukses. “Arena PKM sangat strategis karena berada di kawasan wisata pantai. Kegiatan berlangsung setiap hari, mulai pagi hingga pukul 23.00 WIB,” kata Koordinator Satgaskom RAPI untuk kegiatan PKM I di Pantai Cermin Ulee Lheue, Hadi Budhi Santoso (JZ 01 BHD).(nas)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: