Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Lima Perusahaan Cina Lirik Aceh

www.serambinews.com on 27 June 2009; 09:28

BANDA ACEH – Lima perusahaan dari Cina, yaitu Beijing Huafa Enggenering Limited Company, WYZS Invesment Conpany Of Beijing, PT Wan Yang Mining Industri, Universal Energy Co,Ltd dan Lioaning Zhong Seng Equitment Manufacturing Ltd menyatakan kepada Dinas Investasi dan Promosi Aceh ingin berinvestasi di Aceh. “ Keinginan itu disampaikan kelima perusahaan tersebut, pada pertemuan BKPM Pusat, Badan Investasi dan Promosi Aceh dengan para pengusaha besar Cina, pada acara Industri Week di Beijing, Cina, pekan kemarin,” kata Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Anwar Muhammad kepada Serambi, Jumat (26/6).

Dikatakan, keinginan pengusaha dari Cina menanamkan investasinya di Aceh, setelah Badan Investasi dan Promosi Aceh dalam pertemuan Industri Week Beijing di Beijing, Cina pekan kemarin memberikan brosur dan data-data potensi serta peluang investasi di Aceh. Lima perusahaan yang ingin menanamkan modalnya di Aceh itu, pada umumnya bergerak dalam bidang pertambangan minyak, refenery, steel kontruction, biji besi, batu bara, timah hitam, permesinan, listrik, porselen, jalan tol dan lainnya. Dari lima perusahaan tersebut, kata Anwar Muhammad, satu diantaranya PT Wan Yang Mining Industrial, telah melakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Gayo Lues. Nilai investasinya mencapai 50 juta dolar AS, dan bidang usaha yang akan digarap adalah eksploitasi dan eksplorasi biji timah hitam. Perusahaan Cina itu kini sedang mengurus surat persetujuan penanaman modal asing dari Badan Koordinas Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta.

Anwar yang didampingi dua orang staf, Syahrizal dan Badar mengatakan, potensi atau peluang investasi di Aceh, khususnya bahan tambang, di luar minyak dan gas bumi, cukup banyak. Tapi karena promosi potensi bahan tambang tersebut kepada pengusaha di luar negeri masih kurang, keinginan investor asing untuk menanamkan modalnya dalam bidang pertambangan umum masih rendah. Tapi, kata Anwar, setelah mereka mengetahui sumber potensi bahan tambang yang akan dijadikan bahan baku cukup tersedia sampai puluhan bahkan ratusan tahun, mereka menambah nilai investasinya. Buktinya, PT Semen Andalas Indonesia. Investornya yang baru telah membangun kembali pabrik semen SAI yang telah hancur akibat bencana tsunami di Lhoknga, Aceh Besar, dua kali lipat lebih besar dari kapasitas sebelumnya.

Kalau pabrik SAI yang lama kapasitas produksi semen curahnya sekitar 1 – 1,5 juta ton/tahun, untuk pabrik semen yang baru dibangun sekarang ini dirancang bisa memroduksi semen curah 2 – 3 juta ton/tahun atau lebih. Untuk mengenalkan potensi bahan tambang yang dikandung perut bumi Aceh itu, kita perlu punya strategi khusus dalam mempromosikannya, supaya sasaran tembaknya tepat sasaran dan membuahkan investasi yang kongkrit bukan sekedar penandatangan MoU atau MoA, setelah itu selesai. Misalnya, pada acara pertemuan khusus dengan para perngusaha besar di Luar Negeri, seperti yang dilakukan BKPM Pusat yang membawa Badan Investasi dan Promosi Aceh serta BKPMD daerah lainnya pada pertemuan Industri Week di Beijing, Cina. Pengusaha Cina sangat peka dengan informasi bahan tambang, termasuk listrik.

Untuk listrik, kata Anwar, ada juga yang berminat, tapi belum sampai kepada penandatangan kesepakatan investasi. Untuk investasi listrik, ada dua lokasi yang sekarang sedang di garap. Pertama Seulawah Agam di Aceh Besar, listrik tenaga panas bumi (Geo Thermal) dan kedua di kabupaten Nagan Raya, pembangkit listrik tenaga uap/batubara (PLTU) sebesar 2 x 100 MW. Untuk listrik panas bumi atau Geothermal Seulawah Agam, 1 x 50 MW, masih dalam eksploitasi (penelitian potensial panas buminya) yang dananya bersumber dari hibah Jerman. Sedangkan untuk PLTU Nagan Raya, sumber dananya dari sindikasi atau patungan Bank BPD seluruh Indonesia ditambah pinjaman investasi dari Cina yang total investasinya sekitar Rp 1 triliun lebih.(her)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: