Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Gayo Lues Kembangkan Wisata Pertanian

www.serambinews.com on 27 June 2009, 08:34

GAYO LUES – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, mengembangkan wisata pertanian untuk menjaring para pendatang ke lokasi itu. Cara yang dilakukan melalui pemanfaatan lahan kosong milik masyarakat di Desa Kedah, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues. Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim kepada Serambi, Kamis (25/6) mengatakan, Kedah merupakan taman wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Agar lebih menarik, maka di daerah ini harus diprogramkan pola tanaman yang menghasilkan buah-buahan untuk menunjang lokasi ini. “Kita tidak cukup hanya dengan mengandalkan potensi alam untuk mengundang para pendatang melainkan harus diimbangi oleh tanaman buah-buahan.”

Dikatakan, penanaman perdana dilakukan oleh pihaknya para Kadis dan Kabag, dalam rangka memanfaatkan lahan kosong di dataran tinggi. “Untuk lokasi ini cocok dengan tanaman lengkeng, mangga harumanis serta ubi ginju,” katanya.

Menurut bupati, pengembangan sektor pertanian tidak mudah dan untuk hal ini para petani harus digenjot. “Keberhasilan tidak tergantung pada biaya pemeliharaan melainkan kesungguhan masyarakat petani,” katanya. Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Sulaiman mengatakan, untuk penanaman perdana lengkeng sebanyak 400 batang, mangga harumanis 1.000 batang, dan ubi ginju ratusan batang. Luas lahan lahan sekitar 200 hektare akan diisi oleh tanaman ini. Kegiatan serupa akan dilakukan di Kecamatan Terangun dan Blangsere masing-masing 100 batang pohon.(c40)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: