Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Ditangkap TNI AL di Perairan Lhokseumawe; DKP Aceh Layangkan Surat Pembebasan Boat Nelayan, Nelayan Kuala Idi Ancam Mogok

www.serambinews.com on 27 June 2009, 09:10

IDI – Menyusul ditangkapnya satu kapal nelayan atas nama Sri Baginda 37GT, di perairan Lhokseumawe pada Selasa (23/6) oleh petugas TNI AL Lhokseumawe, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Aceh, Kamis (25/6) melayangkan surat permohonan pembebasan kepada Komandan TNI AL Armabar di Jalan Gunung Sahari, Jakarta. Sementara para nelayan dan pemilik boat di Kuala Idi, Aceh Timur menyatakan akan melakukan aksi mogok aktivitas melaut, menyusul ditahannya KM Sri Baginda milik Dedi AD, salah seorang saudagar di sana pada 23 Juni 2009 lalu, karena tidak mengantongi surat izin pelayaran. Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala DKP Aceh, Ir T Razali MSi itu disebutkan sejumlah item yang menjadi alasan permohonan pembebasan. Pertama, karena pascabencana tsunami 26 Desember 2004, DKP Provinsi NAD bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization of United Nations (UN FAO) melaksanakan program registrasi kapal perikanan untuk 10 GT ke atas.

Kemudian disebutkan juga, dalam pelaksanaannya, program tersebut juga melibatkan pihak Adpel/Kanpel di bawah Departemen Perhubungan (Surat Ukur dan Gross Akte) dan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu/P2TSP (Surat Izin Penangkapan Ikan). Dalam surat yang juga turut ditembuskan kepada Gubernur Aceh, Dan Lanal Lhokseumawe, dan Kepala UN FAO Banda Aceh tersebut, Ir T Razali juga menulis bahwa kapal-kapal perikanan yang sudah diregistrasi saat ini sedang diproses pembuatan dokumennya. Namun untuk mendukung kegiatan operasi kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan SIPI sementara yang dikeluarkan oleh P2TSP. Khusus untuk kapal-kapal yang berada di Idi Rayeuk, masa berlaku sampai 11 Agustus 2009 yang turut dilampirkan daftar SIPI sementara.

Ancam mogok
Sementara itu para nelayan dan pemilik boat di Kuala Idi, Aceh Timur menyatakan akan melakukan aksi mogok aktivitas melaut, menyusul ditahannya KM Sri Baginda milik Dedi AD, salah seorang saudagar di sana pada 23 Juni 2009 lalu, karena tidak mengantongi surat izin pelayaran. Para nelayan juga memberi tenggat waktu sampai Jumat (26/6) sore. Bila kapal milik saudagar Idi itu tidak segera dilepaskan maka aksi mogok akan segera dilakukan.

Bahkan, kasus itu sendiri dinilai oleh nelayan telah diperumit sehingga pihak Kelautan dan Perikanan Aceh serta UN-FAO terpaksa turun tangan dengan melayangkan surat kepada Panglima TNI AL Armabar di Jakarta. Padahal, kata para nelayan dalam surat yang juga diterima Serambi<,/i> kemarin disebutkan, KM Sri Baginda bersama 101 kapal nelayan lainnya surat izinnya sedang dalam proses pengurusan. Sekretaris Panglima Laot Lhok Idi, Heriansyah saat dikonfirmasi mengatakan, kapal nelayan tersebut ditangkap TNI AL di atas perairan Idi Cut yang masih kewenangan hukum Kamla TNI AL Kuala Idi. “Tapi kami juga heran kenapa kapal itu dibawa ke Lhokseumawe, dan ini merupakan kasus yang sedikit agak aneh,” ujar Heri.

Heri juga membenarkan isu yang berkembang di tengah masyarakat nelayan, bakal ada aktivitas mogok melaut apabila kapal yang ditahan tidak segera dilepaskan. “Sebelum berangkat ke laut, semua pihak berwenang di Kuala Idi merekomendasikan kapal itu melaut, anehnya sampai dilaut kok ditangkap pula. Ada apa ini,” tandas Heri. Amatan Serambi, kasak kusuk penahanan kapal nelayan milik saudagar Idi itu hangat diperbincangkan di tengah-tengah warga nelayan di sana. Bahkan, kasus tersebut kini menjadi perhatian serius pihak UN-FAO, Panglima Laot, dan Pemerintah Aceh. “Kita sesalkan juga, kenapa persoalan kecil seperti ini dipersulit. Soal tidak ada surat izin sedang dalam pengurusan saja itu masalahnya. Lagi pula saat berangkat di muara juga distempel oleh Kamla AL di sini,” papar Jubir Asosiasi Pengusaha Ikan Idi Rayeuk (Aspira) Faisal.(yuh/is)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: