Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Depbudpar Publikasi Situs Sejarah Aceh

www.serambinews.com on 27 June 2009, 12:37

BANDA ACEH – Departemen Kebudayaan dan Parawisata (Depbudpar) RI melalui Direktorat Jenderal Sejarah dan Pubrbakala serta Direktorat Nilai Sejarah, menyambangi Provinsi Aceh dalam rangka kegiatan pengembangan sistem informasi kesejarahan melalui publikasi. Ketua Tim Press Tour, Drs Sabri A, yang juga Direktur Nilai Sejarah Depbudpar RI, melalui Kasubdit Dokumentasi dan Informasi Sri Suherni kepada Serambi mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya guna meningkatan kepedulian masyarakat terhadap penyebarluasan nilai sejarah.

Kali ini Aceh dijadikan objek, sebagai daerah yang punya banyak situs sejarah seperti masjid dan makam-makam pahlawan. Peran pers diniai sangat penting untuk dipublikasi, karena itu tim ini melibatkan sejumlah wartawan dari media cetak dan elektronik. “Salah satu agenda utama adalah mengunjungi masjid bersejarah di Aceh. Ini akan kita ekspos di sejumlah media massa nasional dan pada sejumlah blog. Ini akan dapat menambah pengetahuan masyarakat dan menjadi sarana pembelajaran sehingga tumbuh semangat cinta tanah air dan memperkokoh rasa persatuan,” katanya.

Sejak tanggal 23-27, tim press tour yang berjumlah 12 orang akan mengunjugi enam kabupaten di Aceh yakni Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Barat, Pidie, dan Pidie Jaya. Pantauan Serambi, di Banda Aceh tim mengunjugi beberapa masjid seperti Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue, Masjid Baiturrahman, PLTD Apung, Kuburan Massal, Kherkhof (kuburan Belanda), Gunongan Taman Putroe Phang, Makam Keumalahayati dan Benteng Indra Parta. Sebelumnya, tim tersebut juga beraudiensi dengan Gubrnur Aceh Irwandi Yusuf di Aula Kantor Gubernur Aceh. Dalam kesempatan itu, gubernur menjelaskan betapa banyak situs sejarah yang tersebar di Aceh. Ia bahkan sempat menyentil beberapa sejarah yang belum jelas juntrungannya hingga kini, disebabkan minimnya penelusuran sejarah, sementara pada bagian lain ada sejarah yang dipolitisir oleh ahli sejarah.(gn)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: