Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Demo Penolakan Kebun Sawit: Pengunjukrasa, Dewan dan Pemkab Buat Surat Perjanjian

www.serambinews.com on 27 June 2009, 08:47

MEULABOH – Pengunjukrasa di gedung DPRK Aceh Barat mendapat kepastian untuk memperoleh lahan yang selama ini akan dijadikan lokasi pengembangan kebun kelapa sawit. Bentuk dari hal ini pada Kamis (25/6), dewan, pemkab, dan peserta aksi membuat surat perjanjian yang berisikan beberapa poin terhadap masa depan masyarakat di sekitar kebun tersebut. Surat perjanjian didapat setelah pimpinan dewan, dan pejabat Pemkab “disandera” oleh peserta aksi sehingga aksi baru bubar sekitar pukul 19.00 WIB. Sebelumnya ratusan warga dari sejumlah kecamatan di Aceh Barat sekitar pukul 11.00 WIB protes terhadap pengembangan 8.600 hektare kebun sawit oleh PT Prima Agro Aceh Lestari (PAAL). Selain itu, pendemo melancarkan tuntutan terhadap rumah korban tsunami yang belum mendapat yang sebelumnya sudah didata oleh BRR NAD-Nias.

Informasi yang diperoleh Serambi, Jumat (26/6), surat perjanjian pertama yang disepakati adalah untuk PT PAAL bahwa lokasi tanah yang ditolak oleh masyarakat tidak lagi digarap oleh PT PAAL, perusahaan ini akan menggarap lokasi yang diberikan izin oleh masyarakat serta bukan hutan masyarakat. Kemudian kalaupun ada tanah warga yang mengizinkan untuk digarap maka akan dibayar penayah sebagai bentuk ganti rugi untuk lokasi pembukaan lahan sawit seluas 8.600 hektare.

Kemudian surat perjanjian lain berupa masalah korban tsunami yakni Pemkab bersama tim terpadu meliputi dewan, Polres, dan pihak terkait lain akan turun memastikan lebih jauh terhadap warga yang berhak dan nantinya akan diperjuangkan melalui dana BKRA yakni lembaga penganti BRR NAD-Nias. Kedua surat perjanjian itu ditandatangani Asisten II Pemkab, Drs Bukhari, Ketua DPRK, Ramli, serta Wakil Ketua DPRK, Tjut Agam. Kepada Serambi, Ketua DPRK, Ramli mengaku ada dua surat kesepakatan dengan warga baik itu masalah PT PAAL dan masalah tuntutan korban tsunami yang belum mendapatkan rumah. “Menindaklanjuti dari hasil itu pada 1 Juli nanti akan dilakukan pertemuan bersama membahas lebih lanjut,” jelas Ramli.(riz)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: