Posted by: kualaclipping | June 27, 2009

Asap Pabrik Sawit Diduga Sebabkan Penyakit Ispa

www.serambinews.com on 27 June 2009, 08:59

KUALA SIMPANG – Asap hitam pekat yang keluar dari cerobang pabrik kelapa sawit (PKS) setiap hari menghiasi udara di kawasan Desa Seumentok Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang. Polusi udara itu disinyalir telah menyebabkan anak-anak di sekitar PKS mengalami infeksi saluran pernafasan (Ispa). Seorang warga Seumentok kepada Serambi, Jumat (26/6) mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir anak-anak di sekitar PKS sering terkena penyakit Ispa. Ia menduga penyakit itudisebabkan oleh asap hitam yang dihasilkan PKS yang ada di desa tersebut. “Anak-anak di daerah ini sering mengalami sakit saluran pernafasan akibat setiap hari menghirup asap hitam dari pabrik sawit,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Aceh Tamiang, Drs Syuaibun Anwar menjawab Serambi, Jumat (26/6) mengaku telah meninjau aktivitas sejumlah PKS Aceh Tamiang yang telah “memproduk” asap hitam pekat. Ia mengaku, secara kasat mata asap hitam pekat itu bisa dipastikan sebagai polusi udara. Namun, ia tidak bisa memastikan bahwa asap itu sebagai penyebab penyakit ispa yang diderita warga sekitar. Menurutnya, perlu penyelidikan yang dalam berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Pihaknya sebagai lembaga yang menangani dampak lingkungan di Aceh Tamiang tidak bisa bertindak gegabah terhadap perusahaan yang diduga telah “memproduk” limbah dan polusi.

“Untuk memastikan bahwa polusi udara yang dihasilkan sebuah PKS bisa berbahaya tidak bisa dilihat dengan mata saja. Tapi harus dianalisa dengan peralatan yang bisa mengukur benar atau tidaknya asap hitam pekat yang menyelimuti udara di kawasan lokasi PKS itu berbahaya,” katanya. Namun karena alat analisis itu belum dimiliki, pihaknya hanya bisa memberikan arahan kepada pihak perusahaan PKS untuk menjaga kelangsungan kehidupan masyarakat di seputar lokasi PKS. Ia menilai, terlepas dari bahaya dan tidak berbahayanya polusi udara yang diakibatkan aktivitas PKS di Desa Seumentok, sudah sewajarnya warga sekitar resah. Karena udara yang bersih sudah menjadi tercemar. Sehingga harus segera dicari kepastian tentang keberadaan PKS yang diduga telah mencemarkan udara di Aceh Tamiang. “Apa-pun alasannya polusi udara merupakan bagian yang wajar menuai keresahan masyarakat, karena bisa berbahaya bagi lingkungan hidup,” kata Syuaibun.(an)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: