Posted by: kualaclipping | June 25, 2009

Penebangan hutan masih marak di Bener Meriah

Thursday, 25 June 2009 20:20 WIB

WASPADA ONLINE

BANDA ACEH  – Penebangan hutan masih marak terjadi di Kabupaten Bener Meriah meskipun Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) telah mendeklarasikan moratorium logging (jeda tebang hutan) sejak 6 Juni 2007.

“Ya masih banyak penebangan liar di daerah ini, khususnya di hulu kawasan Krueng (sungai) Arakundo,” kata Wakil Bupati Bener Meriah, Sirwandi LT di Bener Meriah, Kamis.

Penebangan hutan yang dinilai masih marak itu terjadi di perbatasan Kecamatan Syiah Utama dengan Kabupaten Aceh Timur dan juga yang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara.

Menurutnya, modus yang dilakukan pelaku penebangan adalah dengan menebang kayu dan mengalirkannya ke Krueng Arakundo karena di kawasan tersebut sulit diakses kendaraan.

“Daerah tersebut sulit dijangkau karena tidak ada jalan yang mudah diakses sehingga sulit pengawasannya. Untuk ke daerah itu membutuhkan waktu sekitar dua hari,” kata Wakil Bupati yang juga mantan polisi itu.

Selain jalan yang tidak bagus, kondisi medan yang berat karena terjal dan berbukit-bukit juga menyulitkan untuk pengawasan kawasan hutan sehingga pelaku penebangan liar bebas merambah hutan.

“Kita tidak tahu siapa pelaku penebangan hutan. Tetapi pasti melibatkan masyarakat setempat karena mereka menggantungkan hidupnya dari hasil hutan,” kata Sirwandi.

Dia juga mengaku tidak mengetahui pasti kawasahn hutan yang ditebang karena di daerah tersebut juga sebelumnya merupakan kawasan hutan dengan HPH.

Untuk menjaga kelestarian hutan sekaligus mensejahterakan masyarakat setempat maka masyarakat harus diberdayakan salah satunya dengan membuka akses transportasi ke daerah tersebut.

Dia berharap penegakan hukum tidak boleh tebang pilih sebab aturan tetap harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Siapa yang melakukan penebangan hutan harus dihukum sesuai aturan yang berlaku, tambahnya.
(dat05/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: