Posted by: kualaclipping | June 24, 2009

Ribuan Ha lahan perkebunan terbengkalai

Wednesday, 24 June 2009 12:48 WIB

WASPADA ONLINE

PEUDAWA RAYEUK – Ribuan hektar perkebunan di Buket Kuta, Kec. Peudawa Rayeuk, Aceh Timur terbengkalai. Hanya beberapa petani pemilik kebun yang muncul dengan rasa was-was dan ketakutan.

Terutama di wilayah Dusun Buket Selamat, kondisi dusun itu serupa tanah tak bertuan. Selepas rumah-rumah dibakar pada tahun 1999, sampai sekarang belum ada warga yang kembali. Padahal wilayah yang sangat luas itu sudah penuh dengan tanaman kelapa, sawit, kakao, pinang dan karet.

Salah seorang petani, Mahfuddin, 32, tadi pagi, mengatakan, para pemilik perkebunan sampai sekarang belum berani kembali. Suasana di dusun itu juga masih sangat mencekam, selain tak ada rumah, jalan sudah hancur, kiri-kanan jalan penuh dengan belukar.

Cuma beberapa petani yang sesekali datang membersihkan ladang sekedarnya sambil mengambil hasil.. “Kami bekerja dalam keadaan gusar. Kadang-kadang muncul orang, mereka serupa pencuri. Tetapi jika kita ada di ladang kita sendiri, mereka tidak mengganggu,” ujarnya.

Sebagaimana halnya Mahfuddin, Ramli, Iskandar, Udin, Yahya dan petani lainnya hanya datang ketika memetik hasil. Semangat mereka untuk tinggal dan mengurus lahan serupa sediakala nampaknya sirna.

“Kalau semuanya kompak, sama-sama pindah ke sana, mungkin saja saya kembali. Masalahnya kita tak berani tinggal di sana karena sendiri. Kalau ada apa-apa tak ada yang bantu,” tandas Mahfuddin.
(dat03/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: