Posted by: kualaclipping | June 18, 2009

Polhut Temukan Lokasi Pembalakan Liar

www.serambinews.com on 18 June 2009, 08:15

IDI – Tim Pamhut Aceh Pos I UPT Bayeun, Aceh Timur, menemukan beberapa lokasi pembalakan liar di kawasan hutan produksi Bukit Cekarm, sekitar 11 Km dari Desa Jambo Labu, Kecamatan Ranto Seulamat. Operasi yang dilaksanakan Kamis (11/6), ikut melibatkan staf Yayasan Leuseur Indonesia (YLI).

Wadanru III Pos I UPT Bayeun, M Amin Basyah kepada Serambi, Rabu kemarin mengatakan, operasi yang dipimpinnya melibatkan lima personel Polhut dan satu orang anggota YLI. Ia menambahkan, pada satu lokasi pembalakan, tim berhasil menemukan satu unit mesin chainsaw yang disembunyikan di sekitar lokasi penebangan.

Meski tidak menemukan pemilik, namun dari olah TKP, kata Amin, pihaknya dapat memastikan bahwa pelaku telah berhasil mengeluarkan kayu olahan dengan menggunakan sepeda motor. “Perkiraan kami, mereka telah mengeluarkan kayu olahan dua hari sebelum kami datang,” kata Amin. Ia juga merincikan, sejumlah kayu olahan yang banyak ditebang adalah jenis kayu damar laut.

Selain itu, Amin juga mengungkapkan, di kawasan hutan produksi itu, tim banyak menemukan jalan tikus atau jejak pembalak liar yang ke luar masuk lokasi penebangan. “Kami tidak berhasil menemukan seluruh jejak yang ada. Karena keterbatasan personel, peralatan, dan waktu,” katanya. Ia menambahkan bahwa kendala itu akan menjadi pekerjaan lanjutan bagi Pamhut Aceh Timur, khususnya Pos I UPT Bayeun.

Tidak hanya itu, Amin menyatakan bahwa pihaknya juga menemukan banyak lokasi pembukaan lahan perkebunan baru. “Menurut kami, pembukaan lahan baru ini tidak memiliki izin dari pejabat yang berwenang. Jika tidak diantisipasi segera, hutan di kawasan hutan produksi ini akan musnah,” demikian Amin.(yuh)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: