Posted by: kualaclipping | June 18, 2009

FAO Bangun Sistem Informasi Pemasaran Ikan

www.serambinews.com on 18 June 2009; 08:39

BANDA ACEH – Menciptakan praktik perdagangan yang yang adil dan kondusif di sektor perikanan dan industri perikanan, Food Agriculture Organization (FAO) saat ini sedang membuat program sistem informasi pemasaran perikanan. Konsultan FAO Bidang Industri Perikanan, David James, mengatakan, program ini dimulai dengan mengumpulkan data pasar-pasar ikan utama di Aceh, Pantai Barat, Pantai Timur, Sumatera dan di luar negeri. Untuk mewujudkan tujuan ini, FAO akan mengadakan pelatihan pengumpulan data, workshop peluncuran sistem informasi pemasaran ikan, dan pelatihan pembangunan kapasitas pemasaran.

“Dalam membangun sistem informasi ini, para petugas yang dilatih akan mengumpulkan informasi harga ikan di pasar-pasar utama di Aceh, Sumut, dan Luar negeri seperti Malaysia, Singapura Jepang dan negara lainnnya,” jelasnya. Informasi yang diperoleh akan diperoses oleh sebuah sistem berbasis komputer baik melalui Web, SMS, dan bank data. Informasi harga tersebut lalu disebar ke para pelayan, petani, petambak, pedagang, pemeroses (industri) dan petugas pemerintah melalui SMS e-mail, radio dan media cetak.

Menurut David, sistem ini akan didukung oleh proses sosialisai dan promosi perdagangan melalui temu bisnis antara pedagang Aceh dan luar negeri. “Sistem ini juga akan didukung adanya pembentukan kelompok-kelompok masyarakat pemasaran ikan. Semua pihak akan memperoleh manfaat, baik nelayan, petambak, pedagang ikan, industri ikan masyarakat luas dan pemerintah,” katanya.(gn)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: