Posted by: kualaclipping | June 15, 2009

Tambang Emas di Sungaimas Dipertanyakan

www.serambinews.com on 15 June 2009; 08:59

MEULABOH-Sejumlah warga di Kabupaten Aceh Barat mempertanyakan penambangan emas di Kecamatan Sungaimas yang dilakukan sebuah lembaga koperasi beberapa bulan terakhir. Disebut-sebut emas yang ditambang di lokasi itu sudah mulai diperjual-belikan, akan tetapi diduga masih belum jelas izin pengelolaan.

Menjawab Serambi, Minggu (14/6) Kabag Hukum Setdakab Aceh Barat, Muliyadi mengatakan izin pengolahan emas sudah ada yang diberikan oleh bupati, sebab lokasi yang dilakukan penambangan hanya seluas 200 hektare sehingga sesuai hasil dari Dinas Pertambangan Provinsi Aceh cukup hanya izin dari bupati dan lokasinya dilakukan pada sungai di Kecamatan Sungaimas.

Sebelumnya pihak koperasi yang melakukan penambangan adalah Koperasi Putra Putri Aceh (KPPA) melakukan di sungai Kecamatan Pante Ceuremen, akan tetapi di lokasi itu tidak ada emas sehingga dipindahkan ke sungai di Kecamatan Sungaimas. Dan, terhadap hasil sudah ada diperjual-belikan, Muliyadi mengaku belum mengetahui. Ia menyarankan agar lebih jelas ditanyakan pada Dinas Pertambangan dan Energi Aceh Barat selaku bidang teknis.

Akan dicegah
Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli menyatakan hadirnya penambangan emas di Kecamatan Sungaimas belum diberitahu ke DPRK. “DPRK akan mengecek terhadap hal ini, dan bila ini benar, maka perlu dipanggil pihak Dinas Pertambangan dan Energi Aceh Barat,” katanya.

Menurutnya, soal penambangan di Kecamatan Sungaimas perlu disepakati lebih jauh, sebab beberapa tahun lalu, di Kecamatan Sungaimas sudah pernah hadis PT ARA Tutut, akan tetapi masyarakat di lokasi itu hanya jadi penonton dan semua hasil tidak jelas dibawa kemana. Jadi jelas Ramli, kasus lama ini diharapkan tidak lagi terulang, sebab yang dirugikan adalah masyarakat dan yang kaya hanya pihak perusahaan.(riz)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: