Posted by: kualaclipping | June 14, 2009

Pengembangan Ekonomi Warga Iboih Perlu Dipacu

www.serambinews.com on 14 June 2009; 09:21

SABANG – Pemerintah Kota Sabang melalui instansi terkait, Dinas Perindustrian dan Koperasi, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pariwisata, diminta untuk bersinergi untuk memacu program pengembangan ekonomi masyarakat di Iboih, Kecamatan Sukakarya. Menurut pegiat LSM di Sabang, Zamzami Juned, ketiga instansi tersebut dipandang relevan, karena mencakup ketiga sektor ekonomi rakyat yang selama ini digeluti oleh warga Iboih. Dari tujuh kelompok usaha warga Iboih yang terbentuk sejak pascatsunami 2005 lalu, diantaranya bergerak di bidang budidaya kerapu, udang dan kelompok pariwisata yang menyediakan layanan penyewaan sarana transportasi serta diving (olah raga selam).

Ketujuh kelompok itu secara swadaya kemudian membentuk Koperasi Serba Usaha Iboih Makmu. Dikatakannya, keberadaan kelompok usaha dan koperasi itu tidak bisa dibiarkan berjalan sendiri. Karena usaha-usaha berbasis keswadayaan masyarakat itu harus mendapatkan pembinaan dari pemerintah.

“Usaha kecil milik warga seperti koperasi tidak bisa dibiarkan berjalan sendiri. Pemerintah melalui instansi terkait harus memberikan dukungannya, sebab kami belum melihat ada program pengembangan ekonomi rakyat di Iboih,”katanya. Perekonomian Iboih sebagai daerah tujuan utama pariwisata Sabang selama satu dasarwarsa terakhir banyak ditopang oleh sektor pariwisata, dengan adanya kunjungan wisatan lokal maupun mancanegara. Selama itu pula, belum ada investasi sekala besar yang hadir di Iboih. Dari itu pengembangan ekonomi rakyat dalam bentuk usaha kecil menengah dinilai cukup relevan dengan kondisi sosial ekonomi warga setempat.(fs)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: