Posted by: kualaclipping | June 12, 2009

Palang Merah Jepang Gelar Penanaman Bakau

www.serambinews.com on 12 June 2009; 08:25

SABANG – Palang Merah Jepang bekerjasama dengan PMI Cabang Sabang, Kamis (11/6) menggelar penanaman pohon bakau berbasis masyarakat di Lhok Weng, Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Kegiatan itu diawali dengan penanaman secara simbolis oleh Walikota Sabang, Munawar Liza Zainal, Kepala Perwakilan Palang Merah Jepang Yoshiteru Tsuji, perwakilan PMI Aceh, T Alaidinsyah, dan Ketua PMI Cabang Sabang, Suradji Junus, serta dilanjutkan unsur Muspida lainnya dan sejumlah murid SD Negeri 25 Iboih.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang kesepakatan bersama penanaman bakau berbasis partisipasi masyarakat Iboih itu. Selanjutnya di pantai Lhok Weng seluas 15 hektar yang rusak saat dilanda tsunami akan ditanami 75 ribu bibit bakau, dengan melibatkan 82 warga yang dibagi dalam 7 kelompok. Kelompok itu nantinya ditugaskan untuk mengumpul bibit bakau dari masyarakat.

Kepala Perwakilan Palang Merah Jepang, Yoshitero Tsuji, mengemukakan, penanaman bakau selain membantu mencegah abrasi pantai setempat, juga dapat meningkatkan pendapatan penduduk. Begitupula, pohon bakau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan. “Buahnya bisa dimakan dan bisa menjadi daya tarik wisatawan (ecotourism),”paparnya.

Hal hampir senada juga disampaikan Walikota Sabang, H Munawar Liza Zainal, penanaman bakau jauh lebih efisien dan bertahan lama ketimbang pembangunan talud untuk mencegah abrasi. Areal bakau juga cukup menarik dijadikan sebagai kawasan wisata kuliner dan sarana belajar bagi anak sekolah. Menurutnya, penanaman Bakau jangan hanya sekedar simbolis dan setelah itu berakhir tanpa bekas.

“Penanaman bakau ini suatu hal yang baik, karena selama ini kita sering mengajarkan bagaimana memotong pohon. Kita jarang sekali mengajarkan cara menanamnya,”tukasnya. Ditegaskannya, Pemko Sabang dan DPRK setempat siap mendukung kelanjutan program itu.(fs)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: