Posted by: kualaclipping | June 11, 2009

Tim Pemerintah Aceh ke Tambang Emas

www.serambinews.com on 11 July 2009, 08:43

CALANG – Tim dari Pemerintah Aceh, Jumat (10/7) turun ke lokasi penambangan emas di Gunong Ujeuen, Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya. Tim beranggotakan berbagai lembaga teknis melakukan survei dan peninjauan ke lokasi tambang yang selama ini diserbu ribuan penggali batu emas.

Sebelum ke lakasi, Jumat pagi, tim ini bertemu Bupati Aceh Jaya, Ir Azhar Abdurrahman. Tim yang beranggotan 13 orang itu, selain ke Gunong Ujeuen, mereka juga melakukan peninjauan di kawasan usaha pengelola batu emas guna meneliti terhadap dampak kandungan mercuri yang mulai tercemar sungai Krueng Sabe, akibat limbat usaha pengelola batu emas.

Kabag Perekonomian Setdakab Aceh Jaya, Yerri Afzal kepada Serambi, Jumat mengakui bahwa tim dari berbagai lembaga teknis dari Pemeritah Aceh turun ke Calang yang tujuannya adalah ke lokasi Gunong Ujeuen di Kecamatan Krueng Sabe. “Tim itu sebelum ke lokasi juga sempat melakukan pertemuan dengan Pak bupati,” katanya.

Seperti diberitakan, Pemkab Aceh Jaya sudah memerintahkan pada penambang emas di Gunong Ujeuen supaya dihentikan penggalian sebelum diurus izin. Pemkab merencanakan lokasi tambang emas akan dijadikan wilayah penambangan rakyat (WPR) yang akan dikelola 19 koperasi dari warga setempat. Dan diimbau kepada penambang untuk segera mengurus izin yakni izin penambangan rakyat (IPR). Selain izin penambangan, kepada p-pengelola usaha emas yang selama ini beroperasi juga diminta untuk segera mengurus izin.(riz)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: