Posted by: kualaclipping | June 11, 2009

Selamatkan Satwa Aceh

www.serambinews.com on 11 June 2009, 9:12

Banda Aceh – Forum Harimau Kita mensinyalir ada perdangan satwa liar dari hutan Leuser Aceh, seperti harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) dan gajah ke Sumatera Utara (Sumut). Informasi itu, didapat dari lokakarya dan pelatihan penilaian status konservasi harimau sumatera di Hotel Pavaliun Seulawah, Banda Aceh, Jumat lalu.

Informasi tersebut mengingatkan kembali peristiwa tahun lalu dimana ada ‘pemindahan’ harimau sumatera ke Lampung yang dilakukan secara diam-diam, luput dari pantauan media. Saat itu, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf sempat berang atas kejadian pemindahan Harimau Sumatera dari Aceh. Pemindahan harimau sumatera ketika itu, disinyalir sarat dengan bisnis terselubung dengan alasan perawatan di Aceh tidak memungkinkan lagi.

Apa yang dilakukan BKSDA saat itu, kemudian mengundang kontroversi berbagai kalangan di Aceh. Pemerintah Aceh, mengaku kecolongan dengan pemindahan harimau tersebut. Bahkan, Irwandi Yusuf selaku gubernur mengaku pemindahan lima ekor si belang sumatera itu–panthera tigris sumatrae–dapat merusak citra Aceh di mata internasional, karena dianggap tidak becus mengurusi satwa liar itu.
Saat ini, kemungkinan penjualan ilegal satwa Aceh terutama harimau kembali terungkap. Semuanya terjadi karena perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara minim dari pantauan lembaga terkait. Apa yang disampaikan Forum Harimau Kita, bisa jadi sudah berlangsung lama. Bisnis jual beli harimau sumatera dan satwa lainnya dari Aceh tentu akan merugikan daerah ini. Selain mengganggu habitat satwa dimaksud, secara keseluruhan juga menggangu ekosistem hutan Aceh.

Adanya dugaan kuat telah terjadi bisnis ilegal satwa Aceh ke Sumatera Utara dan daerah lain di Indonesia tentu terkait dengan lemahnya pengawasan yang dilakukan lembaga terkait di Aceh. BKSDA dirasa belum bekerja maksimal dalam melakukan proteksi terhadap bisnis jual satwa Aceh ke pihak lain. Jumlah personil sebanyak 1.000 orang tentu tidak cukup untuk melakukan pengawasan pada kejahatan ini.
Untuk itu, perlu sinergi dengan berbagai pihak di Aceh agar satwa liar dari Aceh, semisal harimau dan gajah tidak diperjualbelikan ke luar. Program itu harus dilakukan secara aktif, sebab jika tidak dilakukan dengan serius maka praktek itu akan terus berlangsung dalam berbagai cara.

Selain dijual hidup-hidup, harimau sumatera dari hutan Aceh, dijual dalam kondisi mati. Tentu kulitnnya yang menjadi target. Sementara untuk gajah, nilai gading nya juga cukup menjanjikan. Khusus gajah, dalam beberapa kejadian di Aceh pemburuan gajah memanfaatkan isu pengusiran gajah yang mulai mengamuk ke perkampungan. Ini sudah terbukti beberapa waktu lalu, ditemukan gajah yang baru saja terusir dari perkampungan warga ditemukan mati tanpa gading dan empat kakinya sudah dipotong. Termasuk juga gading gajah yang
yang mati di Dusun Gunung Nias, Desa Laut Tawar, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara.

Jual beli ilegal satwa Aceh seperti harimau, orangutan, sampai gading gajah akan terus terjadi jika pengawasan yang dilakukan BKSDA tidak sinergi dengan lembaga lain di Aceh. Pemerintah Aceh juga harus memberikan forsi khusus bagi penyelematan satwa Aceh agar tidak menjadi lahan bisnis terlarang yang memanfaatkan kelemahan pengawasan di daerah ini.
Praktek ilegal itu berjalan rapi dan sembunyi-sembunyi, bisa saja melibatkan oknum tertentu untuk kepentingan uang semata. Maka dari itu, selain pengamanan di perbatasan, perlu juga pemberian pemahaman berkesinambungan bagi mereka yang menjadi bagian bisnis terlarang ini. Ekosistem kita itu sudah dirancang sedemikian rupa agar semuanya bisa hidup tentram dan bermanfaat satu sama lain antara hewan dan manusia. Jika ekosistem itu terganggu, maka kehidupan manusia pun demikian. Selamatkan Satwa Aceh!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: