Posted by: kualaclipping | June 11, 2009

Pemkab undang investor eksploitasi SDA Aceh Besar

www.waspada.co.id on Thursday, 11 June 2009 11:01 WIB – WASPADA ONLINE

BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengundang calon investor nasional dan mancanegara untuk mengeksploitasi berbagai Sumber Daya Alam (SDA) yang banyak ditemukan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Bupati Aceh Besar Bukhari Daud di Banda Aceh mengatakan, kehadiran investor ke sebuah daerah memiliki nilai strategis dikaitkan dengan berbagai potensi SDA dan program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan pemerintah dewasa ini.

“Saya kira, kedatangan investor merupakan perwujudan kerja sama yang baik dalam sebuah daerah yang sedang membangun. Kedatangan mereka didukung komitmen saling membantu, mengeksploitasi SDA bagi percepatan pembangunan,” katanya, tadi pagi.

Bupati menyatakan mendukung dan memfasilitasi setiap investor yang berminat menanam modalnya di Aceh Besar, termasuk rencana pembangunan “New Town” (Kota Baru) seperti yang dibahas dalam pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Phuket, Thailand belum lama ini.

Bukhari Daud mengatakan, pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mempercepat pembangunan Aceh Besar.

“Oleh karena itu, kami dari Aceh Besar mengundang investor untuk mengeksploitasi potensi SDA di daerah ini,” lanjutnya.

Potensi SDA yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar antara lain batu gamping/batu kapur, serpentinit berurat magnesit, tufa gampingan/tanah diatome, fosfat dan marmer yang cadangannya mencapai 1,254 miliar ton, di samping energi panas bumi dan magnesium (logam berwarna putih perak).

Ia menambahkan, Aceh Besar memiliki banyak potensi yang dapat dieksploitasi, termasuk pariwisata sejarah, alam seperti sumber air terjun dan objek wisata bahari.
(dat02/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: