Posted by: kualaclipping | June 11, 2009

LSM Minta Perburuan Murai Dihentikan

www.serambinews.com on 11 June 2009, 08:10

TAPAKTUAN – Aksi pemburuan burung murai di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya) dan Aceh Singkil, semakin marak. Terhadap hal ini Yayasan Pelestarian dan Perlindungan Alam (YAPALA) minta aksi ini dicegah dengan membuat qanun khusus tentang larangan memburu burung predator tersebut.

Direktur Eksekutif Yapala Aceh Selatan, Suhaimi Shalihin kepada wartawan di Tapaktuan, menjelaskan, murai dikalangan masyarakat dikenal dengan cicem pala terus diburu karena pasaran harganya tergolong tinggi. Padahal, burung ini merupakan pembunuh utama hama penggerek batang (batocera SP) yang menyerang areal tanaman pala yang semakin meresahkan petani di banyak tempat.

Mengatasi komunitas burung murai, Yapala minta pihak eksekutif dan legislatif di Kabupaten Aceh Selatan menyusun Raqan tentang larangan aksi pemburuan murai. “Keberadaan qanun ini mendesak sebagai dasar hukum mencegah aksi pemburuan sekaligus salah satu cara mencegah tingkat serangan hama pengerek batang pala,” katanya.

Suhaimi menambahkan, murai perlu dilindungi dari ancaman kepunahan akibat aksi perburuan orang yang tidak bertanggung jawab. “Pemkab dan DPRK Aceh Selatan) kita harapkan segera menyusun raqan tentang larangan perburuan burung predator hama pala tersebut,” tambahnya. Selain membuat qanun, Yapala minta Pemkab Aceh Selatan segera melakukan tindakan penanggulangan dengan instektisida atau dengan cara lainnya.

Data yang diperoleh dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Aceh Selatan, dari 11.333 hektare kebun pala pada 2007, sekitar 1.231 hektare di antaranya mati akibat diserang hama Batocera SP (hama bubuk cabang pala), Xileborus SP (hama penggrek batang pala) serta serangan jamur.(nun)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: