Posted by: kualaclipping | June 8, 2009

Penghasilan Nelayan Pusong tak Jelas

www.serambinews.com on 8 June 2009; 08:23

KUALA SIMPANG – Akibat tidak menentunya angin dan gelombang laut di perairan Selat Malaka Aceh Tamiang membuat penghasilan sejumlah nelayan Desa Pusong Kapal, Kecamatan Seruway tak jelas. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, warga berharap Pemkab Tamiang membantu mereka menggarap hutan darat untuk dijadikan lahan pertanian.

Datok Penghulu Desa Pusong Kapal, Bramsyah kepada Serambi, Sabtu (6/6) mengatakan, kondisi nelayan di desanya saat ini sangat memperihatinkan. Kondisi tersebut terjadi karena tidak menentunya penghasilan mereka dari perolehan tangkapan ikan di laut akibat tidak normalnya kondisi angin dan besarnya gelombang laut.

“Nelayan sekarang pening semua, mereka susah betul karena nggak ada hasil sebab ombak di laut besar,” ujarnya. Tidak jelasnya pendapatan nelayan ini sudah terjadi sejak empat bulan lalu karena keadaan di laut berangin terus. Walaupun demikian untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sebagian nelayan tetap pergi melaut. “Pada saat menangkap ikan dan terjadi angin kencang di laut mereka pulang kembali ke desa tanpa memperoleh ikan hasil tangkapan” ujarnya.

Menurut Bram, kondisi ini tidak mungkin terus dibiarkan, sejak terjadinya tsunami keadaan laut kurang bersahabat. Selaku datok penghulu, pihaknya harus memikirkan solusi yang lain untuk menunjang ekonomi warganya. Di antaranya pembukaan lahan pertanian, karena ada hutan darat di Desa Pusong Kapal seluas 220 hektare namun hutan tersebut sast ini di klaim milik perusahaan. “Kita berharap Pemkab Tamiang membantu warga menggarap hutan tersebut untuk dijadikan lahan pertanian sehingga warga tidak terus bergantung pada hasil laut yang tak menentu,” ujarnya dan menambahkan warga hanya minta lahan seluas 50 hektare saja untuk lahan pertanian.(md)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: