Posted by: kualaclipping | June 6, 2009

Selamatkan lingkungan Aceh dari kerusakan

www.waspada.co.id on Saturday, 06 June 2009 01:02 WIB – WASPADA ONLINE

BANDA ACEH  – Seratusan mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Komite Bersama Hijau Aceh (KBHA) melakukan aksi peduli lingkungan di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, tadi siang.

Aksi gabungan yang dilakukan berbagai lembaga itu dimaksudkan untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup berkaitan peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia. Sejumlah elemen bergabung dalam aksi ini antara lain Mahasiswa Pecinta Alam, lembaga kesenian dan aktivis lingkungan. Mereka melakukan aksi longmarch di jalan Teuku Nyak Arif, hingga Taman Sari Banda Aceh.

Aksi yang dikoordinir Fauzan itu menggelar spanduk bertuliskan “Selamatkan bumi Aceh”, “Hindari Kerusakan Kigkungan Aceh”, dan “Peduli Lingkungan Aceh”.

“Kami mengajak bersama-sama masyarakat kita bangun kesadaran yang berwawasan lingkungan di Aceh,” sebut Fauzan.

Program penghijauan yang dicanangkan pemerintah Aceh melalui program “Aceh Green” dinilai belum memperlihatkan indikator keberhasilan untuk mengurangi perluasan hutan yang terkonversi. Sosialisasi dan implementasi program kepada masyarakat Aceh masih kurang dan perlu ditingkatkan, sehingga tidak menjadi kendala dalam mencapai keberhasilan di masa mendatang.

“Masyarakat diharapkan dapat berperan serta untuk mendukung program ini sesuai kapasitasnya masing-masing jika implementasi dan sosialisai berjalan dengan baik,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ikliludin, Koordinator Aksi dari Mapala Leuser Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Tingginya pencemaran lingkungan menjadi keprihatinan semua pihak.  Polusi udara kini meningkat, hutan terus diekploitasi, ekositem terganggu dan berdampak buruk bagi masyarakat Aceh, sebutnya.

Aksi ini diharapkan menjadi pesan bagi semua pihak untuk kembali membangun kesadaran peduli lingkungan hidup di Aceh. ?Kita semua bertanggung jawab menjaga dan melestarikan lingkungan hidup Aceh,” katanya.

Sementara Komite Bersama Hijau Aceh (KBHA) menyampaikan beberapa tuntutan berkaitan semakin turunnya kualitas lingkungan hidup Aceh di antaranya mendukung visi Aceh hijau. Masyarakat harus lebih berperan untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam serta membangun kesadaran tentang pentingnya lingkungan dalam kehidupan berkelanjutan.
(dat03/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: