Posted by: kualaclipping | June 6, 2009

Penebangan liar sebabkan hutan gundul

www.waspada.co.id on Saturday, 06 June 2009 13:40 WIB – WASPADA ONLINE

SIGLI – Penebangan liar menyebabkan hutan gundul, tanah longsor dan banjir. Sampah yang tidak bisa didaur ulang, eksploitasi terhadap isi perut bumi berlebihan serta pencemaran udara menyebabkan global warming.

“Semua itu harus kita sadari, karena itu merupakan ulah perbuatan kita yang mengakibatkan kehancuran bagi kita dan bumi,” tegas Bupati Pidie Mirza Ismail, tadi malam.

Menurut Mirza, untuk mengatasi persoalan global warming, ia mengajak masyarakat menjaga lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab yang telah menempati bumi sebagai tempat manusia dan makhluk lainnya menata kehidupan.

Kata Mirza, melihat realita, kondisi lingkungan yang makin kritis, kerusakan terjadi di mana-mana. Tidak sedikit biaya harus dikeluarkan dalam upaya merehabilitasi lingkungan rusak. Saat ini, ujar Mirza, perhatian terhadap pencemaran lingkungan, kerusakan ekosistem mulai meningkat dengan sangat signifikan. Kebocoran ozon merupakan isu utama dalam setiap pembicaraan Konferensi Tingkat Tinggi(KTT) Negara-negara di dunia.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kab. Pidie, Syukri Yusuf, mengatakan, lingkungan hidup yang dikaruniakan Allah SWT meruapakan rahmat dan wajib dikembangkan serta dilestarikan, supaya dapat tetap menjadi sumber penunjang hidup bagi bangsa dan rakyat serta makhluk hidup lainnya.

Syukri menyebutkan, dalam upaya menuju Aceh baru dengan pemberlakuan UU No. 11 tahun 2006, tentang Pemerintahan Aceh, maka salah satu kegiatan pemerintah daerah adalah lingkungan hidup. Lingkungan hidup sebagaimana tercantum dalam UU pengelolaan lingkungan hidup no. 23 tahun 1997, adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan prikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup.
(dat05/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: