Posted by: kualaclipping | June 6, 2009

Abrasi Pantai Meurah Dua mulai ditangani

www.waspada.co.id on Friday, 05 June 2009 06:32 WIB – WASPADA ONLINE

MEURAH DUA – Abrasi pantai yang selama ini meresahkan warga, karena nyaris menghantam pemukiman di Desa Lueng Bimba dan Buangan, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, mulai ditangani dinas terkait. Sementara ratusan meter tebing Krueng Beuracan, Meureudu amblas ke sungai.

Penanganan abrasi pantai di dua desa bertetangga tersebut dilakukan dengan menyusun batu besar di sepanjang pinggiran laut. Pekerjaan itu berlangsung sejak April 2009, ungkap Kabid Pengairan Irigasi, Rawa dan Pantai Dinas Pengairan Provinsi Aceh, Setia Budi yang dihubungi melalui ponselnya, tadi malam.

Disebutkan, penanganan abrasi pantai itu disegerakan karena kondisinya sudah sangat kritis. Panjang pantai yang harus ditangani lebih 1.000 meter. Tetapi untuk tahap pertama baru mampu dilakukan sekira 385 meter.

Pemasangan batu pemecah ombak di pinggiran pantai sepanjang 385 meter itu, menghabiskan anggaran kurang lebih Rp5 miliar, bersumber dari APBA tahun 2009.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, akibat abrasi pantai yang kian mengganas, warga Lueng Bimba dan Buangan resah. Jarak bibir laut tinggal sekira 10 meter dengan lahan tambak. Jika tidak segera ditangani, bukan hanya tambak berubah jadi laut, pemukiman penduduk pun bakal ikut tenggelam.
Krueng Beuracan
Selain itu, akibat keganasan Krueng Beuracan, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, terutama ketika diguyur hujan disertai banjir, ratusan meter tebing sungai sepanjang daerah aliran sungai (DAS) amblas. Banyak kebun, areal sawah dan pekarangan rumah penduduk serta badan jalan desa ditelan sungai.

Untuk menghindari musibah lebih fatal, rumah warga terpaksa dibongkar dan diungsikan ke tempat lebih aman. Pemandangan seperti itu antara lain terlihat di Desa Grong-Grong, Rambong, Kuta Trieng, Teupin Peuraho, Kulam, Rumpuen dan Desa Lampoh Lada. Malah di beberapa titik tampak sangat kritis.
(dat05/wsp)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: