Posted by: kualaclipping | June 3, 2009

Harga Sawit dan Karet Turun

www.serambinews.com on 2 June 2009, 08:31

IDI – Harga jual dua komoditas perkebunan, berupa kelapa sawit dan karet di Aceh Timur, khususnya di Kecamatan Ranto Peureulak, dilaporkan terus menurun. Kondisi ini sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir. Akibatnya para petani merasa kewalahan dengan daya beli yang terus menurun itu.

Faisal, seorang petani kepada Serambi, Senin (1/6) menyebutkan harga jual sawit saat ini di tingkat petani pada agen berkisar Rp 850 per kilogram. Sementara harga jual sebelumnya mencapai Rp 1.000 per kilogramnya. Kondisi turunnya harga juga terjadi pada komoditas karet, yakni hanya Rp 5.500 per kilogram dimana sebelumnya mencapai Rp 9.000 hingga Rp 9.500 per kilogramnya. “Turunnnya harga kelapa sawit hampir terjadi tiap hari, berkisar Rp 30 hingga Rp 50,” ungkapnya.

Harga jual yang pantas dan sesuai pada tingkat petani ke agen seharusnya berkisar Rp 1.100 hingga Rp 1.2000 perkilogram untuk jenis kelapa sawit, dan Rp 10.000 hingga Rp 11.000 untuk jenis komoditi karet. Menurutnya, bila kondisi harga jual dua jenis komoditi perkebunan tersebut terus merosot, dikhawatirkan para petani akan meninggalkan dan membiarkan lahan-lahan tersebut terbengkalai, karena petani enggan dalam beraktivitas, mengingat harga jual yang terus merosot. “Kan sia-sia dan percuma saja para petani terus menerus mempertahankan profesinya pada dua komoditas itu. Jika harganya terus menerus anjlok atau merosost, jangankan untuk biaya operasional, untuk biaya kehidupan sehari-hari saja tidak mencukupi,” pungkasnya.(na)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: