Posted by: kualaclipping | June 1, 2009

Pelabuhan Bebas Sabang Harus Dipertahankan

www.serambinews.com on 1 June 2009, 08:02

BANDA ACEH – Pelabuhan bebas Sabang tidak boleh dihilangkan. Peran dari pelabuhan ini harus ditingkatkan dan tidak boleh dieliminir hanya gara-gara adanya kawasan ekonomi khusus (KEK). Demikian ditegaskan Ketua Komisi C DPRA, Bustami Puteh, kepada Serambi, Minggu (31/5).

“Saya akan melawan habis-habisan kalau pelabuhan bebas Sabang perannya diperkecil. Kami tidak ingin pendhaliman terjadi untuk Aceh,” ujar Bustami. Didampingi anggota komisi C, Surya Darma, Jauharuddin Harmai dan Zulkanein, Bustami menilai, tidak ada alasan lahirnya KEK memperkecil peran pelabuhan Sabang. Sebab, perjuangan untuk malahirkan pelabuhan ini begitu lama dan butuh energi yang begitu banyak.

Hal senada diutarakan Surya Darma. Ia menilai KEK suatu hal yang positif tetapi tidak mengkerdilkan peran dari pelabuhan bebas Sabang. Artinya, peran dari pelabuhan bebas Sabang yang selama ini terpasung oleh aturan agar dibebaskan. PP dari turunan UU tentang legalitas pelabuhan bebas Sabang harus dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Pucuk pimpinan nasional sudah tiga kali berganti dan begitu juga dengan gubernur tetapi PP untuk hal yang satu ini belum juga dikeluarkan. “Kami mendesak PP ini ada sehingga peran dari pelabuhan bebas Sabang bisa lebih besar,” katanya. Surya Darma menambahkan, kalau pelabuhan bebas Sabang bisa berfungsi secara baik, maka taraf ekonomi masyarakat akan lebih baik. “Selain itu juga akan menyerap jumlah tenaga kerja,” katanya.(swa)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: