Posted by: kualaclipping | June 1, 2009

Diterpa Angin, Rumah Keluarga Miskin Ambruk

www.serambinews.com on 31 May 2009, 09:40

SIGLI – Nasib yang dialami Cut Nilawati (42) bersama empat putrinya di Desa Tempeun Kemukiman Kuta Baro Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie, kian memerihkan hati. Selain sudah 10 tahun ditinggal suami, rumah gubuk miliknya roboh ditimpa angin kencang dan hujan deras sekira pukul 16.30, Jumat (29/5).

Akibat musibah itu, keluarga miskin ini harus kehilangan tempat tinggal, perlengkapan dapur serta sejumlah perlengkapan anak-anaknya yang masih berumur sekolahan. Kini, Cut Nilawati bersama empat putrinya menumpang di rumah neneknya yang bersebelahan dengan rumah yang roboh tersebut.

Amatan Serambi saat berkunjung ke rumah yang roboh tersebut, Sabtu (30/5), kondisi rumah memang sudah sangat tidak layak untuk dihuni. Selain beratapkan daun rumbia, dinding rumah tersebut terlihat dipasang papan yang bercampur dengan rumbia. Rumah gubuk tersebut roboh akibat tiang penyangga rumah tidak berdiri kokoh sehingga mudah roboh saat diterpa angina.

“Rumah ini saya buat sendiri dengan kekuatan pondasi seadanya, sekedar mempunyai tempat tinggal buat saya dan anak-anak,” ujar Cut Nilawati yang didampingi anak dan tetangganya. Sebenarnya, sebut warga setempat, angin kencang yang merobohkan rumahnya itu tidak begitu mengkhawatirkan. Buktinya, banyak rumah lainnya yang umumnya berupa Rumoh Aceh dan rumah panggung, aman dari terpaan angin. Hanya saja, karena dibangun seadanya, rumah gubuk tersebut tidak mampu menahan angina kencang yang diiringi hujan deras.

Beruntung, saat kejadian, Cut Nilawati bersama empat anaknya, Fatimah Zuhra (19), Siti Aminah (15), Zahara Balqis (12 ) dan Nurul Falah (9), sedang tidak berada di rumah. Sementara suami Cut Nilawati yang bernama Zainal Arifin, sudah 10 tahun lalu meninggakan istri dan anak-anaknya. Atas musibah yang dialami tersebut, Cut Nilawati bersama warga setempat memohon bantuan dari pemerintah maupun para dermawan untuk meringatkan beban hidup keluarganya. Setidaknya, pinta warga, ada bantuan untuk membangun kembali rumah seadanya.(s)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: