Posted by: kualaclipping | June 1, 2009

800 Ha Lahan Gambut Akan Dijadikan Sawah

www.serambinews.com on 31 May 2009, 09:58

LHOKSEUMAWE – Sedikitnya 800 hektare (ha) lahan gambut di Desa Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, akan dimanfaatkan masyarakat sebagai lahan sawah. “Selama ini, lahan gambut itu tak pernah dijamah, karena air tidak pernah kering,” kata Sekdes Cot Trieng, Basyarullah, kepada Serambi, Sabtu (30/5).

Dikatakannya, dari 800 hektar itu masyarakat sudah menggarap sekitar 350 hektar. Namun, hasil garapan warga itu belum membuahkan hasil maksimal karena belum adanya saluran seperti yang diharapkan. “Kalau nantinya saluran pembuang sudah dibangun, lahan ini akan menjadi lahan produktif. Apalagi Walikota sudah meninjau lokasi beberapa kali dan sudah memberikan bibit padi unggul kepada warga,” katanya.

Walikota Lhokseumawe, Munir Usman didampingi Kabag Humas Sofyan, mengakui lahan gambut Cot Trieng mulai dibenahi. Hal itu harus dilakukan secara bertahap karena membutuhkan dana yang cukup besar. Namun, Pemko telah menjadikan pembukaan lahan tersebut sebagai tugas utama yang harus diselesaikan. Munir yakin, dengan pembuatan saluran sekitar 4,5 Km, dari lahan itu akan mendapatkan hasil yang menggembirakan. “Kalau nanti bisa dikeringkan, tentu akan bisa dimanfaatkan untuk menanam padi dan palawija lainnya,” kata Munir Usman.

Khenduri adat
Sementara itu, lahan yang luasnya 350 hektar di rawa itu, masa tanam Juni 2009 segera digarap. Bahkan, masyarakat gampong telah melakukan khenduri adat treun u blang (turun sawah), Selasa (26/5) lalu. Keujruen blang mengeluarkan lima larangan bagi petani sawah di Cot Trieng. Siapa yang melanggar lima larangan itu akan dikenai sanksi hukum adat dalam masyarakat yang akan diputuskan melalui rapat khusus dengan warga. Hal itu disampaikan Tgk Ilyas (60), tuha peut Desa Cot Trieng.(ib)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: