Posted by: kualaclipping | May 31, 2009

Tiga Rumah Diterjang Puting Beliung

www.serambinews.com on 31 May 2009, 09:06

BIREUEN – Tiga unit rumah di Bireuen, Jumat (29/5) sore, diterjang angin puting beliung, dan tertimpa pohon kelapa. Peristiwa itu terjadi hampir bersamaan sekitar pukul 18.30 WIB. Salah seorang pemilik rumah, Fauza, dilaporkan mengalami luka-luka, serta tangannya tergilir. Tiga rumah yang diterjang angin puting beliung itu masing-masing rumah milik Fauzan Umar (33), warga Desa Alue Kuta, Kecamatan Jangka Bireuen, M Amin Yakop (56), warga Desa Blang Dalam, dan Fatimah (50) warga Desa Kuala Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, tertimpa pohon kelapa yang didahului angin kencang.

Dari tiga rumah yang mengalami musibah itu, rumah milik Fauzan cukup parah, yaitu hancur total, dinding tepas tidak bisa dipergunakan sama sekali. Saat kejadian sekitar pukul 18.30 WIB, Fauzan berada dalam rumah, sementara istrinya Muslina (28) dan Nurnita (5) anaknya, di luar rumah. Kepada Serambi, Sabtu (30/5), Fauzan mengatakan, ia sangat terkejut ketika datang angin begitu kencang. Ia sempat pingsan beberapa saat karena terjepit dengan papan dan dinding rumah, kemudian segera dibantu warga. Menurut warga, terjangan angin cukup kencang, rumah Fauzan terangkat atapnya kupak-kapik, satu unit televisi hancur, beberapa piring terbang sejauh 40 meter. Atap jatuh ke tambak sekitar rumah berjarak 20 meter. “Rumah terangkat dari pertapakan sekitar lima meter terkena batang kelapa dan ambruk, atap berserakan begitu juga dinding,” kata Fauzan.

Sementara rumah M Amin Yakop dan Fatimah juga rusak setelah tertimpa pohon kelapa. Dapur dan bagian belakang kedua rumah itu hancur menjelang maqrib. M Amin kepada Serambi mengatakan, waktu kejadian istrinya dan dua anaknya sedang di dalam rumah, sedangkan dirinya di luar rumah. “Waktu kejadian saya tidak berada di rumah,” katanya.

Begitu angin kencang, batang kelapa di belakang rumah yang berjarak 15 meter tumbang ke bagian dapur rumah semi permanen bantuan korban tsunami itu. Bagian dapur rusak parah, sedangkan rumah induk tidak rusak sama sekali. Waktu kejadian, Lismawati dan Farhan (kedua anak M Amin) sedang di dapur, mereka tertimpa seng atap dapur. Ia shok langsung dilarikan ke rumah sakit, RSD dr Fauziah Bieruen.

Mukhsin Sekdes Blang Dalam kepada Serambi mengatakan, masyarakat ikut membantu membersihkan rumah M Amin. Satu rumah lainnya yang rusak adalah milik Fatimah. Rumah semi permanen yang ditempati Fatimah juga bantuan korban tsunami tertimpa pohon kelapa sekitar pukul 18.30 WIB. Waktu itu, Fatimah sedang duduk di balai kecil depan rumah, sehingga luput dari terjangan pohon kelapa.

Kadis Sosial dan Kesbang, Bani Amin kepada Serambi di rumah Fauzan mengatakan, Pemkab Bireuen segera turun tangan membantu Fauzan yang bila dilihat dari kontruksi rumah termasuk keluarga tidak mampu. “Kita juga akan melakukan pengecekan ke dua rumah lainnya yang rusak akibat angin kencang,” kata Bani Amin. Wakil Bupati Busmadar Ismail, sekitar pukul 11.30 WIB, kemarin berkunjung ke rumah Fauzan di Desa Alue Kuta Kecamatan Jangka Bireuen yang hancur akibat angin kencang. Ia membantu perlengkapan rumah tangga, dan uang kontan Rp 5 juta untuk pembangunan rumah. “Pemkab Bireuen akan mengupayakan bantuan untuk keluarga Fauzan agar mampu membangun rumah lain,” kata Camat Jangka kepada Serambi.

Selain bantuan dari wakil bupati, Dandim Bireuen, Letkol Inf Suharto juga menyerahkan bantuan sejumlah uang tunai kepada Fauzan. Dandim sebelum berkunjung ke rumah Fauzan juga telah membantu 20 lembar seng untuk M Amin. “Dalam dua hari ini seng akan diantar untuk korban. Kita ikut peduli terhadap musibah yang menimpa masyarakat,” kata Dandim. Ia juga melihat rumah Fatimah yang mengalami nasib serupa.(yus/38)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: