Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Status Pelabuhan Bebas Sabang Terancam

www.serambinews.com on 26 May 2009, 11:17

JAKARTA – Rancangan Undang-Undang Kawasan Ekonomi Khusus (RUU KEK) yang kini sedang dibahas di DPR RI, dikhawatirkan bakal mengancam kelanjutan status Pelabuhan Bebas Sabang. Namun, Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, mengharapkan agar status Pelabuhan Bebas Sabang tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan fungsinya, mengingat Sabang termasuk satu kawasan yang cukup strategis bagi perekonomian nasional.

Mayoritas fraksi di DPR RI, termasuk Fraksi Partai Demokrat yang memenangkan Pemilu 2009 di Aceh, menyetujui pencabutan Undang-undang tentang Pelabuhan Bebas (free port) dan Kawasan Perdagangan Bebas (free trade zone) Sabang. Demikian informasi yang diperoleh Serambi dari daftar inventarisasi masalah (DIM) di Pansus RUU Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) DPR RI, Senin (25/5) di Jakarta.

Dilaporkan bahwa dari sepuluh fraksi di DPR RI, hanya Fraksi PBR (Partai Bintang Reformasi) dan Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) yang menolak pencabutan Undang-undang Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang, karena alasan bertentangan dengan UU No.11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA).

Draft RUU KEK yang disampaikan Pemerintah, mengusulkan pencabutan UU Pelabuhan bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang. Hal ini tertuang dalam pasal 45 Draft RUU KEK yang berbunyi: Pada saat UU ini mulai berlaku: 1). UU No.36 Tahun 2000 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.1 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas menjadi UU sebagaimana telah diubah dengan UU No.44 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas UU No.36 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas menjadi UU, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. 2). Undang-undang No.37 Tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang menjadi undang-undang, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Tidak setuju
Sementara itu, anggota Tim Pansus RUU KEK dari FPBR, Zainal Abidin Hussein, kepada Serambi menegaskan bahwa Fraksi PBR bersikukuh tetap mempertahankan status Pelabuhan Bebas Sabang karena menilai pencabutan UU itu bertentangan dengan UUPA. “Kami tidak akan menyetujui pencabutan status Pelabuhan Bebas Sabang, sebab itu akan melukai hati rakyat Aceh,” katanya di Jakarta, Senin (25/5).

Menurut Zainal Abidin, UUPA secara tegas menyatakan, bahwa setiap kebijakan Pemerintah Pusat terhadap Aceh harus mendapat persetujuan dari Pemerintah Aceh dan DPRA. Pihaknya mengaku tidak setuju dan akan menolak habis-habisan terhadap usalan pencabutan status Pelabuhan Bebas Sabang itu. “Tentu saja usulan Pemerintah itu harus kita tolak habis-habisan. Status pelabuhan bebas Sabang merupakan aspirasi dan kebanggaan rakyat Aceh. Saya berjanji akan memperjuangkan hal ini sampai titik penghabisan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh (Wagub) Muhammad Nazar, yang dihubungi terpisah di Banda Aceh, Senin (25/5) malam tadi mengungkapkan bahwa status Pelabuhan Bebas Sabang harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi fungsinya, bukan malah dicabut. “Sabang termasuk satu kawasan yang cukup strategis untuk pengembangan perekonomian nasional, karena itu status pelabuhan bebas tersebut harus tetap dipertahankan,” katanya.

Karena itu, Wagub Muhammad Nazar mengharapkan kepada segenap Anggota DPR RI, terutama Pansus RUU KEK yang sedang membahas masalah ini, untuk lebih arif dan bijaksana menyikapi masalah tersebut. Ia mengaku bahwa dengan segenap potensi dan letaknya di persilangan antara Selat Malaka dan Samudera Hindia, Sabang akan menjadi pintu keluar-masuk yang cukup strategis bagi industri maritim dan perekonomian nasional. “Karena itu, status Pelabuhan Bebas Sabang tetap harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi fungsinya,” pungkas Wagub Muhammad Nazar.(fik/ask)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: