Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Sebanyak 114 orang etnis Rohingya akan dideportasi

www.waspada.co.id on Monday, 25 May 2009 20:50 WIB –  WASPADA ONLINE

BANDA ACEH – Sebanyak 114 orang etnis Rohingya dari 391 orang yang terdampar di Provinsi Aceh sejak awal Januari 2009 dalam waktu dekat akan dideportasi ke negara asalnya.

“Dalam waktu dekat mereka akan dikembalikan ke Bangladesh dan secara suka rela mereka sudah mau kembali,” kata Direktur Asia Selatan Tengah Departemen Luar Negeri (Deplu) M Asruchin usai rapat dengan Wakil Gubernur Aceh di Banda Aceh, tadi sore.

Menurutnya, setelah Deplu melakukan verifikasi terhadap mereka yang terdampar di Sabang dan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, 114 di antaranya adalah warga negara Bangladesh.

juga menyatakan, Bangladesh sudah bersedia untuk menerima kembali para etnis Rohingya tersebut. Sementara sebagian etnis Rohingya yang berasal dari Myanmar menolak untuk dipulangkan ke negara asalnya.

Bagi mereka yang tidak mau dikembali ke negaranya, menurut Asruchin, badan PBB yang mengurus pengungsi (UNHCR) akan menanganinya.

“Kalau tidak salah UNHCR sudah masuk dan kalau mereka sudah dilibatkan maka warga negara asing itu dinyatakan sebagai refugee. Biasanya akan dicarikan negara ketiga untuk menampung mereka,” ungkapnya.
(dat03/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: