Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Meraut Bisnis Lidi Kelapa Sawit

www.serambinews.com on 25 May 2009, 08:42

JANGAN mengira di Aceh Tamiang mudah mencari lidi. Hamparan perkebunan kelapa sawit yang membentang luas itu ternyata bukan jaminan. Lidi kini telah menjadi lahan bisnis yang potensial, tidak lagi sebatas untuk bahan baku pembuatan sapu rumahan. Tak heran bila kemudian harga jualnya berada di kisaran Rp 700 per kilogram. Lidi-lidi tersebut dijual ke penampung Kuala Simpang dan Karang Baru, Aceh Tamiang, baru kemudian dijual ke Medan, Sumatera Utara. Dari sana, lidi itu di ekspor ke sejumlah negara seperti Malaysia dan Uzbeiskistan untuk diolah menjadi bahan baku asbes dan kalsi book.

Potensi pasar itulah yang kemudian dijaring oleh para ibu rumah tangga yang tinggal berdekatan dengan areal perkebunan sawit. Lidi-lidi itu telah menjadi lahan bisnis. Industri rumah tangga tumbuh subur. Sehingga tak heran, tiap batangnya lidi begitu berharga. Menurut keterangan seorang penampung lidi di Karang Baru, Samsul Bahri, sejak setahun ini, lidi memang banyak dipasok dari industri-industri rumah tangga tersebut. Lidi-lidi itu sudah diraut, kering, dan bersih. Kalau sebelumnya warga yang membawa ke pengumpul, maka kini pengumpul lah yang mencari ke rumah-rumah warga.

Selain itu, jumlah pengumpul juga kian banyak. Harga jual mau tak mau menjadi bersaing. Kalau sebelumnya sekilo hanya Rp 500, sekarang naik menjadi Rp 700. Pasokan juga menurun karena terbagi ke sejumlah pengumpul yang lain. “Kalau sudah terkumpul sebanyak empat ton, baru lidi itu saya bawa ke Langkat dan Medan. Di sana harga jualnya sekitar Rp 900 per kilo,” ucap Samsul.

Bagi Samsul, saat ini merupakan kondisi yang berat mengingat profesinya sebagai pengumpul. Dia harus bersaing dengan para pengumpul lain yang makin bertambah banyak. Namun di sisi lain, bisnis tersebut juga telah ikut membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar wilayah perkebunan.(an)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: